Bambara Food Festival di UMG

Gresik – Dalam kondisi new normal seperti sekarang ini, Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) terus berkarya. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan “Bambara Groundnut Food Festival in New Normal” yang tetap tidak mengesampingkan protokol kesehatan dari pemerintah.

bambara_Festival (3).jpeg (189 KB)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk olahan kacang Bambara kepada masyarakat luas. Hal ini dikarenakan masih banyak hal yang belum diketahui masyarakat terkait khasiat dan aneka produk olahan dari kacang bambara.

Berbahan utama kacang Bambara yang ber-orisinil dari Afrika kemudian menemukan jalannya ke Indonesia, Gresik yang merupakan kota kedua sebagai daerah pusat penanaman kacang bambara, dibantu oleh Bambara Groundnut Research Center mengolah kacang bambara menjadi aneka produk unggulan. Beberapa produk yang telah dihasilkan antara lain Nugget Bambara, Brownies Bambara, Bambara Mie Ayam, Opak Jepit Bambara, Mendol Bambara, dan Bambara Chocolate yang kesemuanya dipamerkan pada food festival yang diselenggarakan Rabu (08/07).

bambara_Festival (1).jpeg (176 KB)

Enam produk tersebut dibuat oleh 10 mahasiswa Program Studi Agroteknologi dibawah bimbingan Ir. Endah Sri Redjeki, M.P., M.Phil, yang juga merupakan Dekan Fakultas Pertanian UMG. Dengan selalu mendampingi mahasiswanya dalam proses pengolahan kacang bambara hingga menjadi produk yang siap dipasarkan, dosen yang akrab disapa Endah ini mengatakan bahwa ini merupakan sebuah upaya untuk dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa.

Kegiatan food festival ini merupakan kegiatan tahunan dari program unggulan dari mata kuliah manajemen agribisnis kacang bambara, dimana setiap tahunnya akan memunculkan produk yang berbeda dari sebelumnya.

bambara_Festival (2).jpeg (246 KB)

Endah berharap dengan diadakannya festival ini masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal kacang bambara beserta potensi pengolahannya sehingga dapat membantu mensejahterakan para petani Indonesia. (Humas UMG)