Harapan Rektor UMG Pada Panen Perdana 7 Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu

Gresik - Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S., menyampaikan harapan besarnya pada acara Panen Perdana 7 Klon Unggul Harapan Tanaman Tebu Hasil Persilangan Setyo Budi Tahun 2014 yang diadakan Sabtu (08/08).

Setyo berharap bahwa Universitas Muhammadiyah Gresik nantinya akan mampu berkontribusi aktif dalam swasembada gula melalui pelepasan varietas unggul baru yang sekarang dalam tahap pengujian ini. Setyo menambahkan juga bahwa upaya swasembada gula ini dapat segera terwujud melalui Penta Helix, yakni merupakan sinergi antara pemerintah provinsi, PTPN X, Universitas Muhammadiyah Gresik, para petani tebu dan juga media sosial.

berita_2_(1).jpeg (359 KB)

“Kami berharap pemerintah provinsi dan para stakeholders lebih peduli terhadap Pusat Pembelajaran Pertanian Terpadu (P3T), minimal dengan memenuhi kebutuhan Laboratorium Pemuliaan Tanaman sehingga dapat membantu mempercepat proses penemuan varietas-varietas unggul baru,” terang Setyo.

berita_2_(2).jpeg (181 KB)

Untuk kedepannya, Setyo berharap P3T Universitas Muhammadiyah Gresik utamanya akan dapat terus berusaha mempersiapkan varietas tanaman tebu unggul baru, dan juga akan lebih memperhatikan sistem pengolahan limbah tebu menjadi zero waste dan juga eco friendly. Dengan ini Universitas Muhammadiyah Gresik akan mengoptimalkan kerjasama agar segera terlaksana swasembada gula nasional Indonesia.

berita_2_(3).jpeg (264 KB)

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Setyo memulai langkah untuk menyilangkan varietas tebu unggulan pada 2014 silam,yang diberi kode SB. 01, SB. 03, SB. 04, SB. 11, SB. 12, SB. 19 dan SB. 20, yang diambil dari namanya, Setyo Budi. Hal ini dilakukannya didasari didasari pada kondisi gula di Indonesia yang hingga saat ini belum swasembada dan masih harus melakukan impor gula. Selain itu juga masih belum banyak pilihan varietas unggul tebu dengan rendemen tinggi. Berangkat dari sana, Setyo kemudian berusaha mengembangakn varietas tebu unggul ini. (Humas UMG)