Teknik Kimia UMG Adakan Seminar Internasional

Gresik – Program Studi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema "The Role of Chemical Engineering in the Industrial Era: Current and Future Perspective” melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (26/09). Seminar ini menghadirkan pemateri dari Saudi Arabia, Farid Fadhillah, Ph.D., yang merupakan praktisi serta dosen Departemen Teknik Kimia Al Imam Mohammad Ibn Saud Islamic University Riyadh, dan Mohammad Rizal, S.T., M.Sc., M.M., Vice President Perencanaan Produksi dan Pengelolaan Energi, PT. Petrokimia Gresik. Peserta seminar yang terdaftar berjumlah 956 peserta dan berasal tidak hanya dari seluruh Indonesia saja, namun juga dari Malaysia dan Pakistan.

webinar_internasional_4.jfif (173 KB)

Dalam presentasinya, Farid menjelaskan bahwa ada tiga pilar keberlanjutan (three pillars of sustainability) untuk menjaga eksistensi makhluk hidup, yaitu ekonomi (economic), lingkungan (environmental) dan sosial (social). Ketiga pilar ini harus di jaga agar kehidupan makhluk hidup terus berlangsung, sehingga seorang sarjana teknik kimia dapat mengaplikasikan ilmunya misalnya dalam proses pemanfaatan air (water management), pemanfaatan kembali materi yang masih bisa digunakan (material recycling), bahan bakar berbasis nabati (biofuel), energi terbarukan (renewable energy) maupun di bidang penyimpanan energi (energy storage).

webinar_internasional_3.jfif (126 KB)

Hal senada juga disampaikan Rizal. Rizal menjelaskan bahwa banyak bidang ilmu teknik kimia yang bermanfaat dalam proses industri sehingga mahasiswa diharapkan dapat memahami ilmu tersebut dalam perkuliahan. Beliau menambahkan bahwa teknik kimia merupakan ilmu multi disiplin dari beberapa ilmu diantaranya ilmu komputer, biologi, fenomena perpindahan, termodinamika, kinetika, material, ekonomi dan manajemen sehingga diharapkan setelah lulus dari perkuliahan, seorang sarjana teknik kimia dapat menjadi problem solver dalam dunia industri.

webinar_internasional_2.jfif (149 KB)

Seminar internasional ini diadakan sebagai salah satu program kerja dari prodi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai sebuah wadah untuk memperkenalkan peran teknik kimia dalam dunia industry kepada masyarakat luas. Zainal Mustakim, S.T., M.Eng., Kaprodi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Gresik, menjelaskan bahwa kegiatan seminar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat di bidang teknik kimia khususnya dunia industri, mahasiswa juga bisa mendapatkan jaringan/link baik kolaborasi dalam penelitian maupun kegiatan internasional lainnya. Zainal berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun juga di negara lain sehingga seminar internasional seperti ini terus berlanjut, minimal satu kali dalam setahun. (Humas UMG)