Program Studi S1 Ilmu Gizi perbarui akreditasi dengan Visitasi Daring

Gresik - Pandemi COVID-19 yang sudah mewabah sejak lama di Indonesia berdampak luas di hampir seluruh aspek. Hal ini membuat seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kerumunan orang banyak harus diganti dengan melibatkan orang banyak harus dibatasi dengan adanya pembatasan sosial dan pembatasan jarak. Dalam dunia pendidikan, tidak hanya kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan saja yang dilakukan secara daring selama masa pandemi, namun juga kegiatan lain seperti kegiatan Akreditasi Universitas dan Prodi yang tetap dijalankan meskipun di tengah pandemi. Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan kegiatan Visitasi Akreditasi Lapangan secara daring (Online) melalui aplikasi zoom untuk program studi S1 Ilmu Gizi.

visitasi_allin.jpg (318 KB)

Visitasi Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi S1 Ilmu Gizi oleh LAM-PTkes dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 20 - 23 Oktober 2020. Assessor yang ditunjuk pada assessment Program Studi S1 Ilmu Gizi adalah Dr. Ir. Yayuk Farida Baliwati, MS dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Ir. Hery Winarsi, MS dari Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan akreditasi dimulai pada hari Sabtu, Tanggal 20 Oktober 2020, pada pukul 09.15 dengan sambutan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Kesehatan dr. Abdur Rivai, M.Kes.

visitasi_rektor.jpg (373 KB)

Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Rektor, Dekan, Kaprodi, dan Tim Penyusun Borang Pengelola, beberapa dosen, serta beberapa mahasiswa yang terlibat berkumpul di Hall Sang Pencerah lt 8 Gedung Baru Universitas Muhammadiyah Gresik untuk dapat mengakses aplikasi Zoom dengan jaringan internet yang stabil. Meskipun dikumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring tetap memakai protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberikan jarak 1 meter antar personal.

visitasi_kaprodi.jpg (415 KB)

Asesmen lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit Fakultas dan pihak yang terlibat dalam tim penyusun borang fakultas. Sesi selanjutnya konfirmasi terkait perkuliahan, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu. Para Asesor dijelaskan oleh Kepala Program Studi S1 Ilmu Gizi terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Prodi S1 Ilmu Gizi, Seperti lab, perpustakan, akses internet dan komputer untuk mendukung referensi perkuliahan secara virtual atau video dan foto. 

Assessment dilanjutkan dengan assessor memberikan review dan berita acara terkait dengan asesmen lapangan. Hasil visitasi akan dapat diketahui kurang lebih 2 bulan kedepan sejak assessment selesai. (HUMAS UMG)