International Seminar “ Teaching the Millennial Generation”

1seminar_international.png (3.00 MB)

Gresik- Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris menyelengarakan International Seminar tentang Teaching the Millenial Generation dengan judul seminarnya adalah “Using Technology for Teaching in the Digital Era” pada hari Rabu (24/07). Acara tersebut diadakan di Hall Sang Pencerah UMG. Dalam seminar ini terdapat dua pembicara yaitu Dr. Yudhi Arifani, M.Pd. yang merupakan dosen UMG sendiri dan A/P Henriette van Rensburg, M.Ed.,Ph.D. yang berasal dari Universitas Southern Queensland Australia.

Dalam paparan pembicara pertama yaitu Dr. Yudhi Arifani, M.Pd memaparkan beberapa tentang latar belakang pengembagan Aplikasi Integrated Reading Pamanpintermu. Berangkat dari kesalahan pembelajaran reading yang terbiasa dilakukan oleh pendidik Bahasa Inggris yaitu (1) Satu teks Bahasa Inggris dengan 500 kata digunakan untuk 32 peserta didik dalam satu kelas dan meminta peserta didik membaca secara bergantian satu-satu. Akibatnya, peserta didik yang lain tidak memiliki kesempatan membaca teks yang sama. Sehingga, pendidik tidak dapat memetakkan kemampuan reading fluency peserta didik dengan baik dikarenakan hanya beberapa peserta didik saja yang terlihat dalam aktifitas membaca. (2) Dalam membetulkan kesalahan membaca tidak semua peserta didik mendapatkan kesempatan untuk dibenarkan kesalahan membacanya karena, hanya peserta didik yang mendapatkan kesempatan atau giliran membaca saja yang dapat dibenarkan. Sehingga, pronunciation dan reading fluency tidak dapat dipetakkan dan didiagnosis dengan baik. (3) Dalam memberikan pertanyan kebanyakan pendidik mengandalkan jenis pertanyaan tekstual yaitu pertanyaan yang jawabannya ada di dalam teks saja. Sehingga, kemampuan berkifir kritis atau ceitical reading peserta didik tidak dapat dioptimalkan. (4) Tidak semua pendidik mau membaca referensi dari jurnal-jurnal reading. Sehingga, kualitas desain silabus materi, tujuan reading, dan assesment reading tidak terpetakan dengan baik. Agar mmapumendain pembelajaran reading yang berkualitas pendidik harus mau membaca jurna;-jurnal reading seperti Re Call,Reading Matrix, Reading Quarterly, Reading Psychology dan sebagainya. (5) Hak ekstrem lainnya terjadi dalam pembelajaran integrated reading dan writing dimana para pendidik Bahasa Inggris sering meminta peserta didik membuat ringkasan dan ironisnya kualitas ringkasan peserta didik tersebut bahasa dan kalimatnya hanya mengambil bagian tertentu dari teks bacaan dan dikomilasi menjadi ringkasan pendek dan pendidik memberikan skor tinggi tanpa memperdulikan kualitas paraphrase, cara menutip, cara menuliskan referensi. Penting bagi pendidik untuk mengajarkan cara membuat ringkasan, mengilah ide, memparafrase, dll agar peserta didik menjadi paham dengan tulisan akademik.

Pembicara kedua yaitu Associate Professor Hendriette van Rensburg M.Ed.,Ph.D memaparkan pentingnya penggunaan teknology dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam paparanya beliau menyampaikan berbagai aplikasi pembelajaran grammar daro youtube agar pembelajaran tata bahasa menjadi lebih menarik, hingga memperkenalkan game-game terkenal saat ini dapat dipakai untuk mengajar english skills, listening, speaking, reading, dan writting serta grammar. Pemilihan materi hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan pendidik agar sesuai.

Untuk itulah pamanpintermu dikembangkan di UMG sebagai salah satu aplikasi yang mampu mengakomodir semua kebutuhan belajar Bahasa Inggris peserta didik dan pendidik yang dapat dipakai di android, ipad, dan komputer. Isi materi Vocabulary reading, listening, reading fluency, reading comprehension, writing, dan dictionary test semuanya dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik dan pendidik. [Humas UMG]


16 August 2019
Audit Mutu Internal, UMG Tingkatan Kualitas dan Mutu Manajemen
16 August 2019
Pengabdian Masyarakat, Dosen UMG Membuat Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality
31 July 2019
LIMMA NDUWE GAWE KE 5