UMG Jalin Kerjasama Program SMK 4 Tahun dengan SMK Trenggalek

Gresik - Universitas Muhammadiyah Gresik kembali melakukan kerjasama program SMK 4 tahun, kali ini dengan SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Trenggalek. Untuk membahas pengimplementasian program tersebut, sebanyak 8 orang perwakilan dari SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Trenggalek yang akan menjalankan assessment di sekolah berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Gresik, Kamis (15/04). Kedatangan tim assessment ini diterima langsung oleh Kepala Biro Vokasi, Training dan Sertifikasi (BVTS), Dr. Moh Agung Surianto, S.E., M.S.M., sebagai penyelenggara program. Selain itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., Wakil Rektor I, II dan III, serta beberapa Kaprodi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik juga turut serta mendampingi kegiatan diskusi ini. 

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Trenggalek, Suharyati, S.Pd., mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut antusias kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Gresik. Guru yang juga merangkap sebagai PLT Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Trenggalek ini menyatakan bahwa tim dari kedua sekolah telah siap untuk menerima arahan untuk dapat segera mengimplementasikan program ini. Hal senada disampaikan oleh Kepala BVTS, Dr. Agung. Pihaknya menyambut baik kerjasama dengan SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Trenggalek ini. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko, mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Gresik sangat mendukung dilakukannya upaya-upaya kolaborasi dengan pihak lain, utamanya dengan sekolah-sekolah di Jawa Timur, dalam rangka untuk membangun hubungan mutualisme. Menurut Dr. Eko, saat ini SMK sedang menjadi tren dan menjadi pusat perhatian, terbukti dengan besarnya anggaran yang dikucurkan pada Direktorat SMK. Dr. Eko berharap dengan adanya program ini, lulusan SMK akan dapat memiliki daya saing yang lebih baik. 

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Gresik melalui BVTS telah menginisiasi program SMK 4 Tahun dengan bekerjasama dengan berbagai SMA dan SMK di Jawa Timur. Sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Gresik telah menandatangani MoU dan mengimplementasikan program ini dengan SMK 2 Antartika Sidoarjo dan SMAM 8 Cerme. Pada program ini, para siswa disekolah akan diberikan program setara D1 selama 1 tahun, yang nantinya akan dapat dikonversikan dengan mata kuliah di bangku perkuliahan sebanyak maksimal 24 SKS. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Gresik telah membangun, mengkustomisasi dan mengembangkan sebuah sistem online yang akan digunakan dalam program ini. (Humas UMG)

mou 4.jpg (206 KB)

mou 3.jpg (209 KB)

mouc.jpg (130 KB)

moub.jpg (136 KB)

moua.jpg (148 KB)

mou 2.jpg (187 KB)