UMG Kerjasama Program SMK 4 Tahun dengan SMK Teknik PAL Surabaya

Gresik - Universitas Muhammadiyah Gresik kembali melakukan kerjasama program SMK 4 tahun yang telah digagas tahun ini. Setelah melakukan koordinasi dengan SMK 2 Antartika Sidoarjo, SMAM 8 Cerme, SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Trenggalek, Universitas Muhammadiyah Gresik melakukan koordinasi terkait program SMK 4 Tahun dengan SMK Teknik PAL Surabaya serta SMK Negeri Mojoanyar 1 Mojokerto, Selasa (20/04). Kepala Sekolah SMK Teknik PAL Surabaya, Eko Agus Triswanto, S.Pd., S.SI., beserta 5 orang tim dari SMK Teknik PAL Surabaya serta satu koordinator dari SMK Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto datang berkunjung untuk melakukan koordinasi implementasi program ini secara luring di ruang meeting room lantai 7 Universitas Muhammadiyah Gresik. Kedatangan tim assessment dari dua SMK ini ini diterima langsung oleh Kepala Biro Vokasi, Training dan Sertifikasi (BVTS), Dr. Moh Agung Surianto, S.E., M.S.M., sebagai penyelenggara program. Selain itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., Wakil Rektor I, serta beberapa Kaprodi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik juga turut serta mendampingi kegiatan diskusi ini. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko menyambut baik kerjasama dengan SMK Teknik PAL Surabaya dan SMK Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto ini. Dr. Eko menyatakan Universitas Muhammadiyah Gresik menerima dengan tangan terbuka semua kegiatan kerjasama yang akan membawa dampak baik bagi Universitas dan juga bagi mitra SMK. Dirinya mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Gresik siap untuk melakukan kerjasama dan mengimplementasikan program yang nantinya akan setara D1 ini. 

Kepala Sekolah SMK Teknik PAL Surabaya, Eko, mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut antusias kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Gresik. Dirinya mengatakan sebanyak 39 siswa dari SMK Teknik PAL Surabaya telah siap untuk menerima assessment program ini. Eko menambahkan bahwa sekolah mendukung penuh program ini dan membiayai semua siswa yang mengikuti program SMK 4 Tahun. Dwi, koordinator dari SMK Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto juga mengatakan hal serupa. Pihaknya mengatakan sebanyak 66 siswa telah siap untuk melaksanakan assessment program ini. 

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, program SMK 4 Tahun adalah program dimana para siswa di sekolah, utamanya SMK, akan diberikan program setara D1 selama 1 tahun, yang nantinya akan dapat dikonversikan dengan mata kuliah di bangku perkuliahan sebanyak maksimal 24 SKS. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Gresik telah membangun, mengkustomisasi dan mengembangkan sebuah sistem online yang akan digunakan dalam program ini. (Humas UMG)

mou 5.jpg (45 KB)

mou 3.jpg (72 KB)

mou 1.jpg (102 KB)

mou 4.jpg (84 KB)