Academic Collaboration UMG dan Loei PESAO 2

      Gresik - Universitas Muhammadiyah Gresik kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti International Internship Program (Program Magang dan KKN Internasional) bekerjasama dengan Loei Primary Educational Service Area Office 2, Thailand. Ini merupakan tahun ke tiga Universitas Muhammadiyah Gresik mengadakan program International Internship Program untuk memberikan pilihan bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan praktek mengajar atau Magang dan KKN, yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. International Internship Program ini dibuka secara resmi melalui kegiatan Opening Ceremony bertajuk "Academic Collaboration Opening Ceremony 2021" yang dilaksanakan Senin (05/07) secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting serta disiarkan secara live melalui kanal Youtube resmi Universitas Muhammadiyah Gresik.

      Pada kegiatan pembukaan ini, hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., beserta para Wakil Rektor dan beberapa pimpinan lain di lingkungan Univeritas Muhammadiyah Gresik. Hadir pula Direktur Loei Primary Educational Service Area Office 2, Mr. Kumpanart Srichuea, Deputi Direktur Mr. Wirat Puttathongsri, Kepala Supervisi, Monitoring dan Evaluasi, Mr. Mahittha Promli, beserta Kepala Sekolah dari sekolah yang akan dituju oleh para mahasiswa untuk menjalankan program ini. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh mahasiswa peserta Program Magang dan KKN Internasional.

      Program Magang dan KKN Internasional 2021 kali ini diikuti sebanyak 10 mahasiswa yang akan tersebar dalam tujuh sekolah dasar di Loei. Selain program magang dan KKN Internasional, tahun ini juga dilakukan program Research Collaboration antara mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik dengan guru yang ada di Loei, Thailand. Program Research Collaboration ini diikuti sebanyak 6 mahasiswa yang masing-masing akan berkolaborasi dengan salah satu guru Thailand untuk membuat sebuah artikel ilmiah terkait dengan peningkatan pengajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah Thailand pada masa pandemi Covid-19 ini. Program ini juga merupakan implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana mahasiswa dapat memilih untuk membuat artikel ilmiah sebagai bentuk tugas akhir selain skripsi.

      Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berterimakasih pada pihak Loei Primary Educational Service Area Office 2, Thailand, karena telah memberi kesempatan untuk kembali bekerjasama dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengajaran, terutama pengajaran Bahasa Inggris. Dr. Eko menambahkan bahwa dalam kolaborasi yang telah berjalan selama tiga tahun ini telah didapat banyak manfaat terutama dalam peningkatan kualitas mengajar bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Dr. Eko menambahkan bahwa pada tahun ini juga ditambahkan program study baru yakni Research Collaboration antara mahasiswa dan Guru Thailand, yang diharapkan juga dapat lebih berkembang dimasa depan, tidak hanya bagi mahasiswa namun juga nantinya bagi para dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik.

      Sebagai penutup, Dr. Eko menyampaikan harapan bagi para mahasiswa yang mengikuti Program Magang dan KKN International dan Research Collaboration untuk selalu menjaga hubungan baik dengan para guru dan siswa di Loei Thailand. Dirinya juga berharap agar mahasiswa dapat terus meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka melalui program ini, meskipun kegiatan akan dilaksanakan secara daring.

      "Situasinya memang kurang ideal, namun ini adalah tantangan tersendiri bagi teman-teman mahasiswa. Semoga suatu saat kita akan bisa bertemu secara langsung segera setelah pandemi ini berakhir," tutupnya (Humas UMG)

IMG-20210706-WA0003.jpg (178 KB)

IMG-20210706-WA0001.jpg (179 KB)