Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru UMG 2021 “BEYOND THE LIMIT”

bz-min.JPG (1.15 MB)

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik menggelar Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru tahun 2021 dengan tema “Beyond The Limit” (18/09). Kegiatan Masa Ta’aruf Maba 2021 dilaksanakan secara daring (online) dan luring (tatap muka). Sejumlah 1390 Peserta Mataf 2021 mengikuti kegiatan secara daring menggunakan aplikasi zoom dan live streaming Youtube sedangkan jajaran pimpinan seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Kaprodi mengikuti kegiatan secara langsung di Hall Sang Pencerah Universitas Muhammadiyah Gresik. Kegiatan pembukaan diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Mataf 2021, BEM, IMM dan DPM. Yang menarik dan berbeda dari Mataf tahun sebelumnya, terdapat rangkaian kegiatan “Rektorat dan Dekanat Menyapa”. Rektor, para Wakil Rektor dan Dekan Universitas Muhammadiyah Gresik, menyapa mahasiswa baru dengan semangat dan mengucapkan “Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus Millenial Berprestasi”.

Pada sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Mataf 2021 oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono ST, M.T, menyampaikan ucapan Selamat datang pada 1390 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Gresik di Kampus Millenial Berprestasi. Rektor menyampaikan Masa Ta’aruf ini merupakan pengenalan budaya akademik dan non akademik di UMG, sehingga terbentuk jiwa jiwa mahasiswa yang aktif dan mumpuni dalam segala hal. Pada kesempatan tersebut, Dr. Eko juga menyampaikan Universitas Muhammadiyah Gresik telah mendapatkan banyak hibah dan prestasi baik nasional maupun internasional.

“Mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri seluas luasnya, dan sehingga mahasiswa bisa menjadi manusia yang bermanfaat, bagi, bangsa, agama dan ummat, baik dalam skala nasional maupun internasional, karena UMG telah banyak meluluskan mahasiswa yang berprestasi” tuturnya.

Prof Dr. Biyanto, M.Ag, Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Gresik, pada sambutannya menyampaikan UMG siap mengantarkan mahasiswa baru menjadi pemuda yang berprestasi pada masa kini dan masa yang akan datang. Prof. Biyanto, menuturkan bangsa ini membutuhkan kehadiran kaum muda yang aktif dan berprestasi, sehingga tidak salah mahasiswa baru memilih Universitas Muhammadiyah Gresik, sebagai tempat untuk menimba ilmu akademik dan non akademik.

“Millenial Berprestasi. Milenial itu adalah anak muda yang hidup pada era masa sekarang, dengan segala tantangannya, dimana mahasiswa harus siap menerima tantangan pada masa sekarang dengan segala hambatan dan peluang yang ada. Dengan tagline UMG yaitu “Millenial Berprestasi” diharapkan mahasiswa bisa menempa diri untuk menjadi yang terbaik dan berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Di kampus ini banyak sekali kegiatan yang bisa diikuti oleh mahasiswa, baik kegiatan intra maupun ekstra. Maka dari itu, mahasiswa baru hendaknya mencintai kampus UMG yang telah dicintai oleh banyak masyarakat. Semoga mahasiswa baru dapat menempuh pendidikan dengan baik, sehingga menjadi generasi emas tahun 2045 dan pada saatnya kembali ke masyarakat, mahasiswa akan menjadi insan yang bermanfaat bagi ummat” jelasnya  .

Stadium General Mataf 2021, disampaikan oleh Choirul Anam Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Periode 2019-2024. Beliau menyapa seluruh peserta yang hadir melalui aplikasi zoom. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Gresik, yang telah dipilih dan diminati oleh 1000 lebih mahasiswa baru sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Beliau memotivasi mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan kampus, meskipun banyak keterbatasan. Pencapaian suatu kesuksesan membutuhkan proses perjuangan yang panjang dan konsistensi, beruntung mahasiswa baru memilih menjadi bagian di Universitas Muhammadiyah Gresik.

“Student Now, Leader Tomorrow” hari ini kita menjadi pelajar, esok kita akan menjadi pemimpin. Jangan jadikan pandemi ini sebagai halangan, namun jadikan sebagai tantangan dan pacu semangat untuk berlari dan produktif. Mahasiswa sebagai cerminan pemimpin masa depan bangsa, karena mahasiswa adalah agen penggerak perubahan bangsa, dan menjadi tumpuan harapan pembangunan bangsa kedepan. Oleh karena itu, anak muda diharapkan bisa memperoleh pendidikan yang tinggi,  mampu menghadirkan nalar kritis untuk merespon berbagai kebijakan pembangunan yang tidak sesuai dengan regulasi dan amanat masyarakat. Mahasiswa hendaknya menguasai IPTEK, karena loncatan tehnologi begitu luar biasa, maka kita harus mengoptimalisasikan tehnologi secara positif dan menyesuaikan perkembangan yang ada” tutur Alumni Universitas Negeri Surabaya ini.

Selain Stadium General juga disampaikan materi lain terkait kebangsaan oleh Serka Lukananta anggota Koramil 0817/09 Balongpanggang. Pada akhir kegiatan Mataf 2021, diumumkan beberapa pemenang lomba pada beberapa kategori. Salah satunya adalah Kegiatan Sosial yakni Lomba Bersih Masjid. Para pemenang yakni, pemenang pertama : Nadya Salsabila dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, pemenang kedua : Lailatul Fitriyah dari dari Prodi Informatika, pemenang ketiga adalah Muhammad Sayid Al Kahfi dari Prodi Pendidikan Agama Islam, selanjutnya pemenang keempat adalah : Dhea Mayrella dari Prodi Keperawatan dan terakhir pemenang kelima adalah : Cita Kurniasari dari Prodi Farmasi. Lebih dari 1000 masjid di wilayah Gresik dan sekitarnya dituju oleh mahasiswa baru sebagai salah satu bentuk bakti pada Masyarakat. Dengan adanya kegiatan sosial ini, Ketua Panitia Mataf 2021 Adid Cahyono dari Prodi Pendidikan Agama Islam, berharap kaum muda bisa menghidupkan kembali semangat pada pendiri Muhammadiyah untuk menjadi Khoirunnas anfauhum linnas, yakni sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bisa memberikan manfaat kepada manusia lainnya (HUMAS UMG).

ow-min.JPG (1.52 MB)

hm-min.JPG (1.67 MB)

chuakz-min.JPG (1.06 MB)