Sharing Session SMA/MA Muhammmadiyah se-Kabupaten Gresik bersama UMG

Gresik- UPT Vokasi dan Sertifikasi Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan Sharing Session SMA/MA Muhammmadiyah se-Kabupaten Gresik di Hall Sang Pencerah lnt.8 UMG (11/10). Kegiatan tersebut di hadiri secara langsung oleh Rektor UMG, Wakil Rektor I, Kepala UPT Vokasi dan Sertifikasi UMG serta Kepala dan Wakil Kepala Sekolah SMA/MA Muhammmadiyah se-Kabupaten Gresik. Sharing Session ini merupakan kegiatan yang di inisiasi oleh UPT Vokasi dan Sertifikasi Universitas Muhammadiyah Gresik.

IMG_3900.JPG (3.18 MB)

Pada sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Rektor UMG Dr. Eko Budi Leksono ST, M.T, menyambut baik kegiatan sharing session hari ini. Dr. Eko, Rektor UMG menyampaikan beberapa harapan yakni sebagai anggota Persyarikatan Muhammadiyah, sinergitas ini harus selalu terjalin dalam berbagai hal yang positif.

“Untuk kedepannya, diharapkan SMA/MA Muhammadiyah se-Kabupaten Gresik dan UMG bisa saling bekerjasama dan berkolaborasi dengan baik, terutama dalam program pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Tata Usaha) di Sekolah Sekolah Muhammadiyah” tuturnya.

IMG_3914.jpg (2.75 MB)

Dr. Moh. Agung Surianto, SE, M.S.M.CSRS selaku Kepala UPT Vokasi dan Sertifikasi, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah lanjutan dari kerjasama Foskam (Forum Silaturahmi Kepala Sekolah Muhammadiyah) dengan UMG. Beliau menjelaskan bahwa di UMG ada 34 Prodi yang siap untuk berkolaborasi dengan SMA/MA Muhammadiyah Gresik melalui program program yang nantinya akan disampaikan oleh Bapak/Ibu Kepala Sekolah nantinya. Sehingga bisa membawa dampak yang positif bagi kedua instansi pendidikan baik di Perguruan Tinggi maupun di sekolah.

“Peluang apa yang bisa kita kolaborasikan, salah satunya adalah uji peningkatan kompetensi siswa terkait microsoft aplication range. Tiap tahun mahasiswa UMG diberikan kewajiban untuk mengikuti pendidikan D1 Komputer dan D1 Bahasa Inggris serta Toefl, ini adalah sekilas dari kegiatan yang biasanya kami lakukan tiap tahun. Kami berharap kegiatan kami ini bisa menjadi salah satu program dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah” imbuhnya.

Kegiatan Sharing Session ini berlangsung hangat karena melibatkan diskusi dua arah. Bapak/Ibu Kepala Sekolah diberikan kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, memberikan masukan dan saran agar program yang selama ini telah digagas oleh sekolah SMA/MA Muhammadiyah bisa maju bersama dengan bimbingan dan arahan dari Universitas Muhammadiyah Gresik.

Ainul Muttaqin, S.P., M.Pd, Kepala Sekolah SMA 1 Muhammadiyah Gresik menyampaikan bahwa perlu ada model kerjasama yang secara legal hukum lebih lanjut dari dilaksanakannya kegiatan ini seperti  MoU dan MoE terkait implementasi kerjasama nantinya.

“Harapan kami adalah agar program ini bisa di declare sebagai kegiatan promosi sekolah. Sehingga bisa menjadi nilai tambah dari masing masing sekolah terhadap minat mahasiswa baru di UMG. Selain itu kolaborasi ini bisa menjadi jembatan untuk penyampaian informasi-informasi mahasiswa baru di UMG. Misalnya informasi terkait beasiswa bidik misi UMG, beasiswa KIP dan masih banyak lagi yang lainnya” ujarnya.

Pada akhir kegiatan Sharing Session, Wakil Rektor I, Nadhirotul Laily, S.Psi, M.Si mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik untuk saling bersinergi. Beliau mengharapkan ada kerjasama yang baik yang terjalin dari setiap program yang nantinya akan dilakukan dan tertuang dalam MoU dan MoE agar membawa dampak yang positif bagi kemajuan UMG dan SMA/MA Muhammadiyah se-Kabupaten Gresik (HUMAS UMG).

IMG_3923.jpg (2.98 MB)

IMG_3918.jpg (2.37 MB)

 Screenshot_20211011-224140_Gallery.jpg (188 KB)