LLDIKTI Jawa Timur Tunjuk UMG Selenggarakan Pelatihan SPMI

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sekarang ini menjadi factor yang elementer serta sangat penting dalam rangka mewujudkan ketercapaian mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di setiap perguruan tinggi. Hal ini dimaksudkan agar peningkatan mutu dalam segala aktifitas akademik maupun non akademik menjadi budaya mutu yang memberikan imbas positif terhadap penghargaan sebuah PT dalam bentuk Akreditasi yang Unggul. Universitas Muhammadiyah Gresik melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) telah menerapkan SPMI dengan Model PPEPP (Penetapan, Penyelenggaraan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) bersiklus dan berkelanjutan sejak beberapa tahun terakhir. Ini menunjukkan komitmen yang serius untuk mengedepankan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik maupun non akademik di UMG.
Oleh karenanya, LLDikti Wilayah VII memberikan kepercayaan kepada UMG untuk menjadi host dalam penyelenggaraan Bimtek Aplikasi MISHEQA (Management Information System for Higher Education Quality Assurance) Angkatan Pertama bagi 90 Perguruan Tinggi dilingkungan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penguatan SPMI melalui sistem manajemen yang berkualitas serta sekaligus melakukan pemetaan penyelenggaraan SPMI pada setiap PT. Sehingga, nantinya akan dihasilkan pemetaan atau klusterisasi SPMI di masing-masing PT.
Kegiatan BimTek ini dibuka oleh Kepala LLDikti Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA yang juga sebagai pemateri utama dalam Bimtek tersebut. Dalam penyampaiannya Kepala LLDikti Wilayah VII Jawa Timur mengatakan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan tinggi harus terus menerus ditingkatkan agar nantinya menjadi budaya mutu.Penyampaian materi juga disampaikan oleh 2 nara sumber dari LLDikti yang menekankan pada aspek teknissistem penjaminan mutu lewat aplikasi MISHEQA yang harus dimiliki oleh masing-masing Perguruan Tinggi dalam rangka pemetaan SPMI perguruan tinggi. Kegitan dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang langsung didampingi oleh Tim dari LLDikti bagi 90 Perguruan Tinggi yang hadir.
Dalam kesempatan ini, Rektor UMG Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.Si selaku host kegiatan ini menyampaikan bahwa SPMI perlu berkesinambungan agar terbentuk mutu yang terus meningkat. Hal ini diamini oleh Ketua BPM-UMG Dr. Slamet Asari, M.Pd. selaku Ketua Panitia penyelenggara yang mengugkapkan bahwa penguatan SPMI ini akan memberikan garansi penyeleggaraan SPMI di UMG khususnya dan PT di Wilayah VII pada umumnya agar lebih berkualitas, terkendali, dan berkelanjutan agar menghasilkan budaya mutu di lingkungan Perguruan Tinggi masing-masing.