HIMAGROTEK UMG LAKUKAN BAKTI TANI ke-11

Gresik – Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) kembali melakukan kegiatan Bakti Tani, Jumat (15/03). Kegiatan Bakti Tani ini merupakan salah satu program kerja dari Himagrotek UMG yang rutin dilakukan sejak tahun 2009. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Himagrotek UMG terhadap lingkungan sekitar yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga dan melakukan penghijauan lingkungan.

tani_5.jpg (174 KB)

Kegiatan Bakti Tani Himagrotek yang sampai dengan tahun ini sudah dilakukan sebanyak 11 kali ini diadakan di Dusun Sawahan, Desa Gedangkulud, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, dimulai sejak pukul 06.30 sampai selesai. Berbagai macam aktivitas lain juga dilakukan dalam kegiatan Bakti Tani ini.

tani_5.jpg (174 KB)

Kegiatan diawali dengan melakukan senam bersama mahasiswa dan warga sekitar. Warga terlihat sangat antusias mengikuti gerakan senam yang dipimpin oleh ibu-ibu PKK dari Dusun Sawahan sendiri. Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pelatihan pembuatan decomposer yang nantinya dapat digunakan sebagai alat pengurai limbah rumah tangga. Mahasiswa juga memberikan informasi pada masyarakat tentang bagaimana cara memanfaatkan limbah, terutama limbah rumah tangga, yang ada disekitar untuk dapat dioleh menjadi produk yang dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis yang diharapkan mampu menambah penghasilan bagi warga.

tani_1.jpg (155 KB)

Setelah pembuatan decomposer, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Penanaman Bersama 100 bibit pohon jati dilakukan disekitaran waduk Dusun Sawahan oleh mahasiswa dan para warga. Penanaman pohon jati ini dilakukan untuk turut serta dalam usaha menjaga dan melestarikan lingkungan, serta diharapkan mampu mengurangi dampak daripada pemanasan global.

tani_4.jpg (130 KB)

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penukaran kupon dan pembagian doorprize. Kupon yang telah disiapkan oleh panitia sebelumnya pada warga akan ditukar dengan bibit cabai rawit. Selain untuk ditukar dengan cabai rawit, kupon juga akan diundi untuk kemudian mendapatkan doorprize dari mahasiswa selaku pelaksana kegiatan Bakti Tani ini. Doorprize ini merupakan bentuk apresiasi atas partisipasi warga dalam kegiatan tahunan ini, serta untuk menambah keseruan acara.

tani_2.jpg (166 KB)

Kegiatan Bakti Tani Himagrotek UMG ini ditutup dengan ramah tamah dan makan bersama yang bertujuan untuk menambah keakraban antara mahasiswa UMG dengan warga dusun. Kedepannya diharapkan kerjasama antar mahasiswa dan warga akan tetap terus berlanjut meskipun kegiatan Bakti Tani ini sudah selesai dilakukan. (Humas UMG)


04 April 2020
Kuliah Jaman NOW ala UMG
04 April 2020
Kuliah Jaman NOW ala UMG Bersama Kang Yoto
31 March 2020
HIMATEKPAL UMG Lanjutkan Program Penyemprotan Desinfektan