Welcome to the website of University of Muhammadiyah Gresik


Kajian Ramadhan 1438 H : 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan

2017-06-05 | By Administrator


kajian1a.jpg (52 KB)

Marhaban ya Ramadhan 1438 H, Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berjumpa lagi dengan bulan penuh berkah yaitu Ramadhan. Seperti tahun-tahun yang lalu Universitas Muhammadiyah Gresik melalui BP2AIK menyelenggarakan kajian rutin Ramadhan ba’da Dhuhur, kegiatan ini dilaksanakan di Masjid kampus KH.M. Faqih Oesman UMG.  Semua pimpinan dan karyawan hadir untuk mengikuti kajian ramadhan ini. Senin, 5 Juni 2017 Kajian ramadhan pertama kalinya diisi oleh Aslich Maulana, SH., M.Ag beliau adalah Kepala BP2AIK UMG. Kali ini beliau mengambil tema “5 Keistimewaan Bulan Ramadhan”.

Allah Swt melimpahkan banyak kerunia kepada hamba-Nya dengan dilipatgandakan pahala dan diberi jaminan ampunan dosa bagi siapa yang bisa memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh momentum bulan Ramadhan ini. Sesungguhnya Allah Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak, diantaranya :

1. Diampuninya Dosa – Dosa Di Bulan Itu

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Pada bulan Ramadhan ini kita harus selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan memohon ampunan akan dosa yang telah kita lakukan. Mengingat manusia ini adalah tempatnya dosa setiap waktu tidak luput dari dosa, maka Allah menciptakan 1 bulan diantara 1 bulan yang ada, untuk kita bertaubat memohon ampunNYA.

2.Dilipat Gandakan Pahala pada Bulan Ramadhan

Keistimewaan yang kedua yaitu dilipatgandakannya amal kebaikan di dalamnya, Nabi Saw, juga bersabda:

“Setiap amalan anak cucu Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah 'Azza wa Jalla  berfirman, ‘Kecuali puasa, sungguh dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnya dan makannya karena Aku’. Bagi orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan; gembira ketika berbuka puasa dan gembira ketika berjumpa Tuhannya dengan puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dari pada bau minyak kesturi.” (HR. Bukhari dan Muslim, lafadz milik Muslim).

3. Allah menurunkan Al Qur’an

Salah satu kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan adalah turunnya kitab suci Al-Qur’an pada bulan ini. Hal ini seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah pada ayat ke 185 yang kurang lebih artinya :

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)."

Inilah yang menjadi dasar kenyakinan bahwa pada bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sungguh mulia bulan ini karena mendapatkan bulan yang paling dirindukan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

4. Lailatul Qodr ada di bulan Ramadhan

Lailatul Qadr (malam kemuliaan) adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, malam ini adalah malam yang lebih baik dari 1000 malam. Dimana malam tersebut terdapat keberkahan dan kebaikan yang jika umat muslim yang medapatkan malam itu do’anya akan diijabah.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar“ ( Al Qadr : 1-5 )

Hal ini terdapat pada surat Al-Qadr ayat 1-3, yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadr 1-3)

5. 10 hari terakhir Ramdhan, saat untuk memperbanyak ibadah

Ummul Mu`minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada 10 hari terakhir Ramadhan :

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki 10 terakhir Ramadhan, beliau menguatkan ikatan tali sarungnya (yakni meningkat amalan ibadah baginda), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istri-istrinya.” Muttafaqun ‘alaihi

Hal ini berarti bahwa :

  • Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam serius dalam melakukan amalan ibadah lebih banyak dibanding hari-hari lainnya. Peningkatan ibadah di sini tidak terbatas pada satu jenis ibadah tertentu saja, namun meliputi semua jenis ibadah baik solat, tilawatul qur`an, dzikir, shadaqah, dll.
  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membangunkan istri-istri baginda agar mereka juga berjaga untuk melakukan solat, dzikir, dan lainnya. Hal ini karena semangat besar beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam agar keluarganya juga dapat meraih keuntungan besar pada waktu-waktu utama tersebut.
  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 Terakhir ini, Baginda mengasingkan diri dari berbagai aktiviti keduniaan, untuk baginda menumpukan ibadah dan merasakan lezatnya ibadah tersebut.
  • Pada malam-malam 10 Terakhir inilah sangat besar kemungkinan salah satu di antaranya adalah malam Lailatur Qadar. Suatu malam penuh barakah yang lebih baik daripada seribu bulan.

Itulah 5 keistimewaan tentang bulan Ramadhan, masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan di Bulan Ramahdan, jadi mari kita bersama untuk memanfaatkan momen sebaik-baiknya pada bulan Ramadhan ini.

kajian1b.jpg (76 KB)

    kajian1c.jpg (1.24 MB)