Welcome to the website of University of Muhammadiyah Gresik


Peningkatan Potensi Lokal Menuju Masyarakat Berkemajuan

2017-08-09 | By Administrator


Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan rutin setiap semesternya oleh Universitas Muhammadiyah Gresik. Rektor UMG Prof. Ir. Setyo Budi, MS melepas keberangkatan 575 mahasiswa UMG yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Genap 2017 kelompok Reguler dan Kelompok Tematik di Hall Sang Pencerah Gedung Utama Universitas Muhammadiyah Gresik. Pemberangkatan KKN Genap 2017, untuk kelompok Reguler (7/8/2017) dan kelompok Tematik (11/8/2017).Desa yang menjadi tujuan KKN GENAP 2017 adalah Desa Kedamean (Kelompok Reguler) , Desa Benjeng dan Desa Dukun (Kelompok Tematik).

KKN UMG kali ini mengusung tema "Peningkatan Potensi Lokal Menuju Masyarakat Berkemajuan". Lokasi KKN Genap 2017 kelompok Reguler bertempat di Kecamatan Kedamean dan dibagi dalam 12 kelompok, sedangkan Lokasi KKN Genap 2017 kelompok Tematik bertempat di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Benjeng dibagi dalam 6 kelompok dan Kecamatan Dukun dibagi dalam 11 kelompok. Total ada 39 Desa yang ditunjuk menjadi lokasi KKN Genap 2017 ini.

Acara pelepasan selain dihadiri oleh jajaran Rektorat, Dekanat UMG dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN, juga dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Gresik.

Dalam sambutan nya kepala BAPPEDA menyampaikan untuk kegiatan KKN adalah sebagai sarana untuk terlibat dan memikirkan masalah dalam masyarakat sekaligus KKN sebagai praktek ilmu yang telah diperoleh selama diperkuliahan. BAPPEDA juga mengapresiasikan KKN yang dilakukan UMG ke wilayah pulau Bawean. Sesuai dengan tema diharapkan KKN ini dapat membantu desa mewujudkan kemandirian desa serta pemberdayaan desa sehingga mengurangi pengangguran.


Senada dengan kepala BAPPEDA, dalam sambutannya Rektor UMG juga menyampaikan bahawa desa memiliki banyak potensi semoga mahasiswa KKN dapat lebih mengoptimalkan potensi desa yang ada , mahasiswa harus juga bisa menggunakan waktu 1/2 bulan KKN dengan baik , jaga nama baik persyarikatan dan mahasiswa harus yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri untuk bisa memberikan banyak hal dalam kebaikan.Mahasiswa juga harus bisa membantu desa dalam hal-hal yang memang rutin dihadapi semisal masalah pengelolaan keuangan desa dan mengoptimalkan BUMdes yang ada. Selain itu rektor juga berharap para DPL serius dalam mengemban amanah ini, dan para DPL kalau bisa segera membuat karya ilmiah dari pengabdian masyarakat