Welcome to the website of University of Muhammadiyah Gresik


Mahasiswa UMG Ciptakan Kursi Roda Berbasis Kontroler Android

2018-01-05 | By Administrator


GRESIK | duta.co – Berawal kepedulian pada penyandang disabilitas, membawa mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro  Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Fawzi Ilyas Assyifa menciptakan kursi roda berbasis kontroler android.

Pemuda yang baru diwisuda September itu menciptakan kursi roda yang hanya dengan sentuhan, kursi roda tersebut bisa berjalan. Dan perlengkapannya pun cukup sederhana, yakni hanya berbekal dinamo sebagai penggerak, rantai kecil sebagai penghubung antara roda dan dinamo, dan beberapa kabel yang dirangkai pada papan arduino untuk mengirim perintah.

“Hasilnya, kursi roda tersebut dapat bergerak maju, mundur, belok kanan dan kiri, dan berhenti,” katanya.

Sayangnya, kursi roda ciptaanya itu baru bisa untuk OS Android. BlackBerry. Sementara untuk iOS (Apple, red) belum. “Untuk itu ssaya terus akan melakukan penyempurnaan, agar nantinya ini bisa dinikmati pada disabilitas dengan nyaman,” harapnya.

Gayung bersambut, keinginannya itu mendapat sambutan positif dari Kaprodi Teknik Elektro UMG, Pressa Perdana, yang siap menyempurnakan kursi roda ciptaan mahasiswanya itu.  “Kita akan bantu melakukan penyempurnaan-penyempurnaan,”tegasnya.

Pasalnya, lanjut Pressa, jika berhasil, alat itu bisa membantu orang-orang dengan keterbatasan fisik bisa menjalankan aktivitasnya. “Mempermudah mobilitas bagi penyandang disabilitas,” tandsanya. hms