Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


PGSD UMG Siap Ber-fashtabikhul Khoirot melalui Hizbul Wathan

2016-06-14 | By Administrator


PGSD UMG Siap Ber-Fashtabikul Khoirot melalui Hizbul Wathan


PGSD UMG telah melaksanakan perkemahan Hizbul Wathan di lapangan FKIP, Sabtu-Minggu, 9-10 Januari 2016. Kegiatan diikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD angkatan 2014, dosen PGSD, dan instruktur dari kwarda HW kabupaten Gresik. Kegiatan perkemahan dimulai tanggal 9 Januari 2016, dibuka oleh bapak Warek 3 UMG, Bapak Harun Nur Rosyid, M.Kom dan ditutup oleh Ka Program Studi PGSD, Ibu Nataria Wahyuning S, M.Pd di lapangan FKIP UMG.

Kegiatan Hizbul Wathan di PGSD merupakan salah satu mata kuliah dalam kurikulum PGSD sebagai mata kuliah penciri universitas dan memberikan bekal kepanduan bagi mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa calon guru sekolah dasar, agar nantinya bisa mengabdikan diri sebagai Pembina hizbul wathan tingkat atfal atau sekolah dasar. Pengampu mata kuliah adalah pelatih gerakan kepanduan hizbul wathan kwarda Gresik yang telah meiliki sertifikat/ hak melatih kader hizbul wathan calon Pembina hizbul wathan di tingkat atfal/ sekolah dasar.

Masuknya hizbul wathan menjadi salah satu mata kuliah pada kurikulum S1 PGSD UMG memiliki tujuan :

  1. Menyiapkan calon guru sekolah dasar yang memiliki sertifikat resmi Pembina gerakan kepanduan di level sekolah dasar
  2. S1 PGSD bernaung pada payung besar Muhammadiyah, selayaknya mencetak kader Muhammadiyah pada lingkup pendidikan dasar
  3. Menjadi salah satu penciri prodi yang membedakan dengan prodi S1 PGSD dengan universitas lain

Mata kuliah hizbul wathan dilaksanakan pada semester 3 dengan 16 kali pertemuan tatap muka dan diakhiri dengan perkemahan selama 2 hari. Mata kuliah hizbul wathan akan ditindak lanjuti dengan pengabdian mahasiswa pada ortom Hizbul wathan baik berupa kegiatan tingkat qobilah hingga tingkat internasional ataupun pengabdian pada gerakan kepanduan di tingkat sekolah dasar.

Kegiatan Kepanduan Hizbul wathan terlaksana atas kerja sama FKIP dengan kwarda HW kabupaten Gresik. Kerjasama ini di mulai dengan mengirimkan beberapa dosen S1 PGSD mengikuti kegiatan Jaya Melati 1 di Kabupaten Gresik. Dengan adanya gerakan kepanduan hizbul wathan di prodi PGSD UMG, menjadi cikal bakal kepanjangan tangan dari ortom hizbul wathan muhammadiyah di UMG.Selain itu, PGSD UMG merupakan pioneer program studi di Indonesia yang memasukkan gerakan kepanduan hizbul wathan  dalam kurikulum perkuliahan.