Visitasi AIPT UMG : Semoga lebih baik

2016-06-20 | By Administrator


Universitas Muhammadiyah Gresik, Jumát, 17 Juni 2016 mendapat kunjungan 4 orang asesor BAN PT dalam rangka asesmen lapangan AIPT di Universitas Muhammadiyah Gresik. Tim asesor  terdiri atas : Prof. Dr. Indra Jaya dari IPB, Prof.Dr.Ir. Bambang Supriyadi, CES,DEA dari UGM, Prof Dr. Abdul Rohman,M.Si, Akt dari UNDIP dan Prof. Dr Prastawa Budi dari UNHAS. Jajaran Rektorat beserta BPM menyambut hangat kedatangan Tim Asesor ke Universitas Muhammadiyah Gresik.  Kegiatan asesmen ini berlangsung selama 2 hari, 17 – 18 Juni 2016, bertempat di Gedung baru Universitas Muhammadiyah Gresik.

Opening meeting mengawali serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim Asesor di Universitas Muhammadiyah Gresik, bertempat di Hall UMG lantai 8 pukul 13.00 WIB opening meeting dilaksanakan. Dalam opening meeting ini hadir Rektor UMG Tri Ariprabowo, SE.,M.Si; Wakil Rektor I Idha Rahayuningsih, S.Psi.,M.Psi; Wakil Rektor II M. Nuruddin, ST.,MT; Wakil Rektor III Harunur Rosyid, S.Kom.,M.Kom; Ka. BPM Dr. Khoirul Anwar, M.Pd beserta tim BPM, Ka.Lembaga, Ka. Unit, Ka. Prodi, TU fakultas serta dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Gresik.  Opening Meeting di awali dengan sambutan oleh Rektor UMG Tri Ariprabowo, SE.,M.Si dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang pada para asesor BAN PT di Universitas Muhammadiyah Gresik.  Proses akreditasi ini merupakan yang ke 2 dari 1 tahun yang lalu atau reakreditasi, beliau menyampaikan bahwa tim UMG telah maksimal dalam usahanya untuk mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik dari tahun kemarin, dengan filosofi tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Dalam sambutannya Rektor juga menyebutkan bahwa proses percepatan akreditasi prodi menjadikan 12 program studi  yang ada semua telah akreditasi B, kecuali prodi Perikanan dan  prodi Teknik Informatika yang masih dalam proses re-akreditasi serta ada tambahan 2 jenjang S1 yaitu S1 kewirausahaan dan S1 Hukum.

Selanjutnya sambutan dari Tim asesor yang diwakili oleh Prof. Dr. Bambang Supriyadi, dalam sambutanya beliau menyampaikan maksud dan tujuan tim asesor datang ke Universitas Muhammadiyah Gresik, serta mekanisme pemeriksaaan yang dilakukan  selama2 hari untuk asesmen lapangan berkaitan dengan AIPT. Setelah sambutan dari Prof. Dr. Bambang Supriyadi acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Aslich Maulana, M.Si (Ketua BP2AIK UMG).

Memasuki acara inti asesmen lapangan AIPT,  pada sesi pertama Rektor UMG Tri Ariprabowo, SE.,M.Si, menyampaikan pemaparan  visi, misi  Universitas Muhammadiyah Gresik selama 1 jam, diawali dengan pemutaran video profil UMG dilanjutkan dengan pemaparan detail visi misi. Setelah pemaparan oleh Rektor dilanjutkan dengan pemeriksaan sesuai standard oleh para asesor, pemeriksaan ini memakan waktu sekitar 3 jam dan berakhir pukul 17.00 WIB. Sabtu, 18 Juni 2016 para asesor BAN PT bertemu dengan alumni-pengguna, mahasiswa, para dosen staf TU dan berakhir pukul 10.00 WIB.

Tepat pukul 11.00 WIB dilakukan closing meeting, seluruh jajaran Rektorat, BPM , Ka. Lembaga, Ka. Unit dan dosen serta karyawan berkumpul di Hall UMG lantai 8. Closing meeting ini diawali dengan penyampaian hasil penilaian masing-masing standard oleh Tim asesor serta evaluasi yang perlu dilakukan. Selanjutnya sambutan penutupan oleh Rektor UMG, dimana dalam hal ini Rektor menyampaikan banyak terima kasih kepada para asesor atas pemeriksaan yang telah dilakukan dengan sangat efisien dan efektif serta adanya model pembinaan dari para asesor dengan filosofi sang pembelajar.

Semoga asesmen lapangan dalam rangka AIPT ini mendapatkan hasil sesuai dengan  yang kita harapkan.

AIPTREKTORAT.JPG (1.62 MB)    AIPTREKTORAT2.JPG (616 KB)

AIPTBPM1.JPG (802 KB)    AIPTBUEGI.JPG (449 KB)

AIPTALUMNI.JPG (491 KB)

AIPT1.JPG (335 KB)