Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


UMG Terima Kunjungan Tim BINDALWAS Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

2017-05-12 | By Administrator


wasdalbin2.jpg (953 KB)Universitas Muhammadiyah Gresik, yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta dibawah Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Selasa, 25 April 2017 menerima Tim Pembinaan, Pengendalian dan Pengawasan (BINDALWAS) Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Wakil Rektor I Idha Rahayuningsih, M.Psi, Wakil Rektor II M. Nuruddin, ST.,MT dan Kepala BPM UMG Dr. Khoirul Anwar, M.Pd menyambut Tim Wasdalbin terdiri atas 4 orang yaitu : Drs. Budi hasan, M.Si, Cindy Charisma Satriyo, S.Sos, M.Sc, Farida Ulfayatin,SE, I Gusti Ngurah Agung Surya Kencana, S.H.

Dalam rangka peningkatan dan pengembangan Mutu Perguruan Tinggi (PTS), setiap tahunnya Kopertis Wilayah VII melakukan Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan (WASDALBIN) pada PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VII. Wasdalbin ini merupakan serangkaian kegiatan evaluasi penyelenggaraan pendidikan tinggi untuk melihat langsung dan melakukan evaluasi akademik PTS serta bentuk pengawasan sekaligus sebagai upaya deteksi dini terhadap permasalahan yang ada di PTS. Kegiatan WASDALBIN ini difokuskan pada bagaimana PTS melakukan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat), data mahasiswa, Akreditasi program Studi/Institusi, data Dosen dan sarana prasarana (laboratorium dan perpustakaan).

Adapun kegiatan Wasdalbin ini merupakan tugas/fungsi seksi Sistem Informasi Kopertis VII yang bertugas sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana dan program kerja tahunan Seksi Sistem Informasi dan Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi;
  2. Penerimaan dan proses validasi laporan EPSBED / PDPT;
  3. Mengelola sistem dan koordinasi pelaksanaan wasdalbin perguruan tinggi swasta;
  4. Mengelola penerbitan Direktori perguruan tinggi swasta dan profil perguruan tinggi swasta;
  5. Mengelola website;
  6. Mengelola perpustakaan;
  7. Mengelola Jurnal Ilmiah Berkala dan Ejurnal;
  8. Mengelola sistem dan pemutakhiran data yang terintegrasi antara kopertis dan perguruan tinggi swasta;
  9. Melakukan penyiapan bahan publikasi, penyebarluasan data dan informasi perguruan tinggi swasta;
  10. Membangun dan mengembangkan pangkalan data kopertis serta fasilitasi kebutuhan subbag/seksi lain yang terkait dengan sistem pengolahan data;
  11. Menyusun laporan pelaksanaan program kerja Seksi Sistem Informasi dan mempersiapkan laporan pelaksanaan program kerja Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi;
  12. Melakukan tugas lainnya sesuai dengan petunjuk pimpinan.

Sebagai perguruan tinggi swasta UMG harus memiliki keunggulan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang lain. Masyarakat saat ini sudah semakin cerdas untuk menilai mutu perguruan tinggi dengan melihat status dan peringkat akreditasi yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adanya wasdalbin dari Kopertis Wilayah VII ini diharapkan  Universitas Muhammadiyah Gresik dapat meningkatkan layanannya baik pada mahasiswa maupun bagi stakeholder yang lain.

Saran dan masukan Tim Wasdalbin 2016 ini diantaranya adalah secara umum sudah baik hanya perlu peningkatan produktivitas dosen terutama dalam hal buku ajar karena buku ajar yang dihasilkan belum optimal.

Alhamdulillah, pelaksanaan Wasdalbin berjalan lancar, namun demikian ada beberapa catatan yang masih perlu untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Universitas Muhammadiyah Gresik mengucapkan terima kasih kepada Tim Wasdalbin yang telah memberikan banyak masukan dan arahan untuk kebaikan Universitas Muhammadiyah Gresik kedepan.

wasdalbin1.jpg (835 KB)  wasdalbin3.jpg (844 KB)

wasdalbin4.jpg (798 KB)