Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


Peningkatan Bidang Akademik Perguruan Tinggi : Tanggung Jawab Bersama dalam Menyongsong PTM yang Berkemajuan

2017-05-16 | By Administrator


rakornaspalembang1.jpg (107 KB)Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik Prof Dr. Setyo Budi, M.S dan Wakil Rektor I Dr. Khoirul Anwar, M.Pd, selama 2 hari tanggal 9-11 Mei 2017 menghadiri Rapat Koordinasi (Rakornas) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Perguruan Tinggi 'Aisyiyah (PTA) Bidang Akademik yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bertempat di Hotel Novotel Jalan R. Sukamto Palembang.

Pada pembukaan Rakornas Selasa, 9 Mei 2017 Wakil Ketua Diktilibang PP Muhammadiyah Edy Suandi Hamid menyatakan bahwa rakornas ini merupakan bagian dari tradisi program kerja Majelis Diktilitbang. “Rakornas bidang akademik ini sangat urgent dalam mewujudkan PTM dan PTA yang unggul dan berdaya saing,” ucap Edy.

Dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa dari total 163 PTM dan PTA telah terakreditasi institusi A 3 PTM,  B 33 PTM dan C 60 PTM,  total 96 PTM atau sekitar 67%. Melalui rakornas ini diharapkan juga sebagai ajang dialog mengenai isu yang ada di Perguruan Tinggi khususnya di PTM. Beliau juga berharap masing-masing PTM bisa saling membantu dan tetap unggul di daerah masing-masing, dan juga mampu untuk meningkatkan mutu, khususnya dalam sistem manajemen akademik.

Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang Abid Djazuli dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan rakornas ini UM Palembang bersinergi dengan STIKES Muhammadiyah Palembang sebagai tuan rumah.Tak ketinggalan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan Romli  berharap agar PTM mampu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena pada dasarnya dosen PTM telah memenuhi syarat sebagai dosen yang professional, serta memiliki komitmen untuk membesarkan PTM dan PTA bersama, dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, baik negeri maupun swasta.

Sejauh ini PTM termasuk UMG memiliki komitmen yang besar terhadap tanggung jawab kualitas akademik baik dari segi pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, karena itu semua merupakan bagian dari akuntabilitas dan profesionalitas pengelola perguruan tinggi. Penanganan dan peningkatan akademik ini akan terus diupayakan secara serius sehingga PTM termasuk UMG menjadi institusi yang terdepan dalam taat aturan, akuntabel, dan dipercaya oleh masyarakat.

 foto palembang.png (2.32 MB)