Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


Surveillance ISO 9001:2015 : Semangat UMG untuk Terus Berbenah Menuju Akreditasi A

2017-05-19 | By Administrator


opening1.jpg (1.10 MB)Surveillance ISO 9001:2015 : Semangat UMG untuk Terus Berbenah Menuju Akreditasi A

Kegiatan Surveillance ISO 9001:2015 Universitas Muhammadiyah Gresik oleh NQA Indonesia resmi dibuka, Rabu, 17 Mei 2017 pukul 09.00 WIb di meeting room lt.7. Opening meeting ini dihadiri oleh Wakil Rektor I merangkap Ka. BPM Dr. Khoirul Anwar, M.Pd, Wakil Rektor II Moch. Nuruddin, ST.,MT, Wakil Rektor III Hasan Basri, M.Pd.I,  staf BPM, Dekan, Ka. Program studi dan Ka. unit dilingkungan UMG. Tim Auditor dari NQA Indonesia terdiri atas 2 orang yaitu : Arfi Maulana selaku team leader dan Dewa Mahardika selaku team member.

Wakil Rektor I mewakili Rektor Prof. Dr. Setyo Budi, M.S yang berhalangan hadir karena sedang menghadiri acara Rakerpim di Surabaya, resmi membuka surveillance ISO 9001:2015 ini, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa perguruan tinggi harus menghadapi isu strategis(driver of change), ada beberapa perubahan yang harus diantisipasi diantaranya :

  1. Ilmu pengetahuan saat ini sangat demokratis, dimana ilmu pengetahuan bia diakses dari manapun
  2. Era digital technology
  3. Global mobility, arus pergerakan yang sangat cepat bagi masyarakat dunia
  4. Integration with industry, bersinergi dengan dunia industry

Perguruan Tinggi harus menyiapkan 4 hal diantaranya :

  1. Produktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  2. Meningkatka kualifikasi dosen
  3. Pro mutu dalam pengajaran di perguruan tinggi
  4. Teknologi Informasi
  5. Kerjasama dan kehumasan

Pada acara  rapat pembukaan kali ini Auditor menjelaskan berbagai hal terkait dengan audit surveillance  meliputi : tujuan audit, jadwal dan ruang ruang lingkup audit yang akan dilaksanakan sedangkan metodologi yang yang dipakai selama audit adalah wawancara, observasi dan verifikasi data.

Menurut auditor dari NQA Arfi Maulana mengatakan bahwa tujuan surveillance adalah untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang sudah dicanangkan telah dilaksanakan secara konsisten, dengan mengevaluasi PDCA yang telah dijalankan. ISO  terbaru versi 9001:2015 Insya Allah mengakomodir semua keinginan organisasi dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Gresik, Dokumen yang digunakan bisa dalam bentuk soft copy maupun hard copy.

Audit eksternal ini dilaksanakan tanggal 17-18 Mei 2017 unit yang diaudit sebagai surveillance meliputi general Administration, general affair dan financial unit sebanyak 17 unit, dan unit support terdiri atas 12 laboratorium. Setelah opening meeting pukul 10.00 WIB tim auditor mulai menjalankan tugasnya hingga pukul 15.00 WIB.

Kamis, 18 mei 2017 para auditor melanjutkan proses audit pada beberapa unit pendukung hingga pukul 16.00 WIB. Pukul 16.30 WIB dilaksanakan closing meeting  dengan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, II, III, staf BPM, Dekan, Ka. Program studi dan Ka unit dilingkungan UMG. Dr. Khoirul Anwar, M. Pd selaku Wakil Rektor I sekaligus Quality Management Representatif (QMR) UMG dalam sambutannya beliau menegaskan kedepan nantinya proses untuk menjadi berkualitas akan terus di laksanakan di UMG karena UMG sadar bahwa untuk menjadi lebih baik itu membutuhkan proses.

Ada beberapa temuan team auditor yang harus segera ditindak lanjuti untuk perbaikan, diantaranya :

  1. Pada masing-masing unit, leadernya harus bertanggung jawab dengan Plan, Do, Check, Act yang ada di unit tersebut.
  2. Perlunya evaluasi pada lingkungan kerja karena hal ini berpengaruh terhadap kinerja.
  3. Tidak adanya tindak lanjut dari hasil evaluasi yang telah dilakukan.
  4. Perlunya mengukur performace pada unit-unit untuk mengetahu seberapa jauh kepuasan pelanggan.

Lebih lanjut kedua auditor menyimpulkan ada 17 observasi dan 1 minor dari hasil audit eksternal yang telah dilaksanakan. “semoga dengan temuan ini menjadi semangat bagi UMG untuk melakukan perbaikan.”tutur Arfi Maulana selaku team leader

Rektor berharap hasil audit ini sebagai catatan bagi UMG untuk melakukan perbaikan, dan secepatnya temuan-temuan ini akan ditindak lanjuti guna mencari solusi terbaik. Untuk unit-unit yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih besar lagi akan mendapat perhatian lebih. UMG saat ini memiliki target meningkatkan jumlah lulusan dan kualitas lulusannya, selain tentunya mengejar perolehan status akreditasi A, proses audit yang dilakukan setiap tahun ini diharapkan akan semakin mempercepat tercapainya target-terget tersebut.

Rangkaian kegiatan audit eksternal oleh NQA Indonesia telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Team auditor memutuskan bahwa UMG mendapat rekomendasi untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2015. Alhamdulillah, semoga UMG kedepan semakin maju dan lebih baik.

opening3.jpg (928 KB)        closing11.jpg (307 KB)

obser1.jpg (84 KB)         obser2.jpg (104 KB)  

 sukses1.jpg (733 KB)

  sukses2.jpg (313 KB)