Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


Kuliah Ahli FEB UMG : Bekali Diri dengan Sharing Ilmu dari para Expert

2017-05-24 | By Administrator


kuliahahlifeb2 (2).jpg (805 KB)Fakultas Ekonomi  dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Gresik kembali selenggarakan kuliah ahli dengan menghadirkan seseorang yang expert dibidangnya. Kuliah ahli kali ini mengambil tema “Peran Strategis Humas Dalam Membangun Komunikasi  Organisasi dengan Stake Holder”  dengan menghadirkan pemateri M. Ihwan, Sp.,M.Si  beliau adalah Kepala Departemen Humas PT. Petrokimia Gresik. Acara yang diselenggarakan Rabu, 17 Mei 2017 dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di hall Sang Pencerah ini dihadiri oleh Dekan FEB UMG Anwar Hariyono, SE.,M.Si., Ka.Prodi Manajemen Abd. Rahman Faris I, SE.,M.S.M, Ka.Prodi Akuntansi,  Suwandi, SE.,M.A., Ka. P3EB Syaiful, SE.,MM, seluruh dosen dan Mahasiswa FEB UMG.

Kuliah ahli ini dilaksanakan bertujuan untuk memberi wawasan bagi mahasiswa  tentang  dunia kerja yang sesungguhnya, dimana ilmu perkuliahan harus dapat dikombinasikan dengan keahlian-keahlian lain agar dapat menunjang pekerjaan yang ditekuni, dengan cara mendatangkan para praktisi. Tema “Peran Strategis Humas Dalam Membangun Komunikasi  Organisasi dengan Stake Holder”  ini diambil mengingat di era saat ini semakin ketatnya persaingan perusahaan menyebabkan perusahaan berlomba-lomba untuk bisa memiliki citra baik di masyarakat melalui humas. Dimana secara umum humas adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi opini, sikap, dan perilaku publik, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur suatu individu atau sebuah organisasi dengan kepentingan publik, dan merencanakan serta melaksanakan program aksi untuk memperoleh pengertian dan dukungan publik. Dalam suatu perusahaan, humas (Hubugan Masyarakat) adalah profesi yang memegang kendali agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Humas dianggap menjadikan perusahaan menjadi lebih baik karena dalam kinerjanya, ia harus bisa membangun citra perusahaan tersebut agar penilaian orang terhadap perusahaan tersebut positif.

Lebih lanjut M. Ihwan, Sp.,M.Si menjelaskan bahwa peran strategis humas meliputi :

  1. Expert Prescriber, ahli mendiskripsikan
  2. Communication Fasilitator, sebagai penghubung antara perusahaan dan masyarakat
  3. Problem solving process, humas sebagai fasilitator pemecahan suatu masalah
  4. Comunication technician, pelaksana teknis komunikasi

Humas merupakan integrasi dari 3 hal yaitu : optimalisasi jaringan, mensinergikan informasi publik, membentuk opini publik, serta memiliki fungsi : kontruktif (mempersiapkan mental publik atas kebijakan perusahaan), korektif ( mengkondisikan tindakan-tindakan yang diambil perusahaan agar tidak menjadi boomerang bagi perusahaan), preventif (mengidentifikasikan masalah untuk pencegahan masalah lain yang timbul).

Pekerjaan humas sangat erat kaitannya dengan pers, dan secara garis besar humas mempunyai sasaran untuk bisa meminimalisir pemberitaan negative terhadap perusahaan. Strategi yang dapat diterapkan yaitu menjalin hubungan baik dengan media (media relationship) bagaimana perusahaan bisa berkomunikasi dengan wartawan atau awak media.

Beberapa cara menjalin hubungan baik dengan wartawan adalah :

  1. Kenali wartawan
  2. Miliki contak person wartawan disekitar perusahaan
  3. Adakan pertemuan berkala dengan wartawan
  4. Siapkan data yang dibutuhkan

Pada era digital saat ini peran media sosial juga menunjang citra perusahaan, sehingga diharapkan perusahaan memiliki media sosial seperti : FB, Twitter, Instagram, Youtube, Website.

Humas perusahaan adalah tulang punggung perusahaan dan pekerjaan humas tidak terlepas dari prinsip komunikasi, yaitu dengan menciptakan komunikasi yang efektif agar dapat meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat.

kuliahahlifeb3.jpg (937 KB)           kuliahahlifeb4.jpg (786 KB)