Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


Field Study Mahasiswa Agroteknologi UMG : "Mantapkan Teori dengan Field Study"

2017-05-29 | By Administrator


fieldstudyagro1.jpeg (367 KB)Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik.  Kamis, 11 mei 2017 mahasiswa semester 2 program studi Agroteknologi melakukan kunjungan lapangan (field study) ke Kampung Cokelat yang berada di wilayah Kabupaten Blitar, tepatnya di Jl. Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kademangan Blitar. dan kebun kopi karanganyar Dsn. Karanganyar Desa Modangan Kec. Nglegok, Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur, dengan didampingi oleh 2 Dosen Program Studi Agroteknologi, yaitu Ir. Fiaduz Zaqiyah, M.Pd dan Ir. Suhaili, M.Si.

Field study merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan perkuliahan/pembelajaran kampus, namun lebih cenderung pada peninjauan langsung ke lapangan yang bisa berupa pengamatan atau mencari informasi yang berkaitan dengan mata kuliah yang sedang ditempuh. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa untuk menunjang mata kuliah yang sedang ditempuh saat ini agar para mahasiswa tidak hanya mengenal mata kuliah dalam kelas, namun terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peninjauan, pemahaman, pembelajaran, dan pengamatan terhadap lingkungan yang berhubungan dengan materi perkuliahan. Field study kali ini dilakukan berkaitan dengan mata kuliah Dasar Perlindungan Tanaman yang sedang ditempuh oleh mahasiswa semester 2, dimana mahasiswa harus memahami berbagai macam hama dan penyakit pada tanaman tahunan dalam hal ini coklat dan kopi serta untuk mengetahui cara-cara yang dilakukan untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman tersebut.

fieldstudyagro2.jpeg (414 KB)

Kegiatan mahasiswa dikampung coklat diantaranya, berkeliling kebun, memperhatikan cara dan proses pembuatan coklat, ada bebrapa materi yang disampaikan oleh manajer produksi dan petani coklat yang meliputi sejarah, pengolahan, macam hama & penyakit serta cara mengatasinya.

Sedangkan di kebun kopi karanganyar para mahasiswa berkeliling kebun, menerima materi pengenalan jenis-jenis kopi, cara penanam dan pengolahannya, juga mendapat informasi hama & penyakit kopi dan cara penanggulanganya.

Dengan dilakukannya field study ini mahasiswa akhirnya mengetahui secara langsung dari para pelaku di lapangan bukan hanya sekedar teori yang mereka peroleh saat perkuliahan, sehingga diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya.

fieldstudyagro3.jpeg (491 KB)