Selamat Datang di Website Universitas Muhammadiyah Gresik


Halal Bi Halal Keluarga Besar UMG 1438 H : "selalu berusaha dan menjaga semangat untuk wujudkan UMG unggul"

2017-07-06 | By Administrator


Mengawali aktifitas setelah libur, keluarga besar Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menyelenggarakan Halal bi Halal menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Rabu, 5 Juli 2017 bertempat di Hall Sang Pencerah Gedung I Lantai 8. Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB ini selain menjalin silaturahmi seluruh civitas akademika juga penyampaian tausiyah oleh Drs. Nur Cholis Huda, M.Si beliau adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Halal bi halal ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan, Dosen dan Karyawan dilingkungan UMG serta dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Harian UMG Ir. H. M. Najikh.

Acara pertama dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya selanjutnya diisi sambutan dan acara terakhir tausiyah. Setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa dengan berbagai ujian dan kesabaran dalam menjalankannya semoga hal ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita sehingga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

                                          halalbihalal1.jpg (1.05 MB)   halalbihalal2.jpg (1013 KB)

Rektor UMG Prof. Dr.Ir. Setyo Budi, MS menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H pada seluruh keluarga besar UMG, sekaligus dari lubuk hati yang paling dalam Rektor meminta dibukakan pintu maaf atas sikap, ucapan dan perbuatan selama bergaul, baik dalam konteks pribadi maupun dalam hal kedinasan, “manusia tidak terbebas dari salah dan khilaf, maka sekecil apa pun, kita sengaja atau tidak sengaja, pastinya pernah melakukan hal-hal yang kurang mengenakkan hati dan perasaan orang lain”ucap Rektor

Masih dalam suasana lebaran yang penuh rahmat dan fitrah ini dapat lebih memperkokoh tali silaturhami antara sesama dan menjadikan kita dapat lebih mengkhidmadkan diri kita pada Universitas ini, dan kita dicatat sebagai manusia-manusia yang ihsan.

 “Kedepan UMG harus meningkatkan diri menjadi perguruan tinggi yang diminati oleh masyarakat sehingga nantinya dapat mendongkak peringkat UMG di tingkat regional maupun nasional syukur Alhamdulillah bila sampai tingkat Internasional” tuturnya

Ketua Badan Pembina Harian UMG Ir. H. M. Najikh mengatakan bahwa dalam nuansa hari raya ini kita harus terus berkomitmen dengan apa yang telah diucapkan dan Insya Allah tidak akan sulit bila kita sudah memiliki komitmen. UMG memiliki komitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul maka UMG harus terus berbenah sesuai dengan perkembangan zaman.

“dalam melakukan segala sesuatu yang terpenting adalah cara atau teknik untuk mengeksekusi sebuah program, selain itu pentingnya memiliki mindset yang sama bagi seluruh civitas akademika” ujarnya

                                       halalbihalal5.jpg (958 KB)    halalbihalal3.jpg (920 KB)

Acara Halal bi Halal selain sebagai momen untuk bersilaturahmi dan saling maaf memaafkan, juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Drs. Nur Cholis Huda, M.Si dalam tausiyahnya beliau menyebutkan bahwa simbol lebaran biasanya ada lambang ketupat dalam bahasa jawa kupat, filosofinya kupat terbuat dari janur, janur adalah sejatinya nur atau cahaya illahi. Idul Fitri adalah moment kita kembali fitrah, ketupat yang terbuat dari janur mengingatkan kita untuk kita mendapat cahaya illahi, bagaimana cara mendapatkannya, menurut Drs. Nur Cholis Huda, M.Si lakukan 4 hal ini agar kita mendapat cahaya illahi, yaitu :

  1. Lebar, selesaikan segala tanggungan yang ada secepatnya
  2. Lebur, semua kesalahan kita hilangkan, memaafkan orang lain
  3. Luber, harus lebih melimpah kebaikannya
  4. Labur, setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh harusnya semua itu berefek pada hidup kita, hidup kita menjadi lebih bermakna dan cerah.

Memaafkan orang lain merupakan sikap yang terpuji yang sulit bagi sebagian orang yang jika dalam memaafkan hanya melihat sisi jelek orang lain, maka jika mau memaafkan lihatlah sisi baiknya. Selama bulan puasa kita berjuang berusaha untuk dapat menjalankan puasa kita dengan baik sehingga Allah mencatatnya sebagai amal ibadah. Demikian juga setelah moment puasa ini selesai semangat kita untuk terus berusaha menjadi lebih baik harus terus ada.  “Insya Allah UMG akan menjadi Perguruan Tinggi Unggul sesuai dengan yang diharapkan asal seluruh civitas akademika UMG tetap menjaga semangat dan selalu berusaha” tuturnya

Setelah tausiyah berakhir acara dilanjutkan dengan saling berjabat tangan saling memaafkan lahir batin antar keluarga besar Universitas Muhammadiyah Gresik.

                                       halalbihalal4.jpg (773 KB)   halalbihalal6.jpg (815 KB)