KULIAH TAMU AQUACULTURE

2012-05-03 | By Administrator


Pakar perikanan Andreas Agus, S.Si, dihadirkan Fakultas Pertanian Program Studi Budidaya Perikanan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Rabu (02/05). Andreas memberi kuliah tamu untuk tak kurang 80 mahasiswa fakultas pertanian program studi budidaya perikanan dan jurusan lainnya di Auditorium UMG. Temanya, seputar peluang dan problematika pengelolaan sumber daya perairan.

Andreas menjelaskan, Budidaya Perikanan merupakan ilmu ilmiah yang tidak hanya untuk melakukkan bagaimana proses pembudidayaan perikanan secara baik dan tepat melainkan problematika perairan dan perikanan yang terjadi disekitar kita baik di laut, sungai dan danau. “Akhir-akhir ini penelitian yang di lakukan teman-teman mahasiswa terkonsentrasi pada problematika perairan yang terjadi di lingkungan kita, dan ini merupakan lahan para peneliti untuk melakukan penelitian sehingga bermanfaat untuk kehidupan yang akan dating”,terang Andreas seraya menunjukan video documenternya di hadapan peserta kuliah tamu.

“Melalui penelitian problematika perairan di lingkungan beberapa kasus perairan seperti yang terjadi di sungai-sungai sekitar kita bisa diungkap dan diselesaikan. Sebut saja kasus berkurangnya tangkapan ikan di sungai Brantas yang diketahui penyebabnya yaitu pencemaran limbah rumah tangga, dan masih banyak lagi problematika yang terjadi diperairan kita” imbuh salah satu anggota LSM ECOTON ini.

Kaprodi Budidaya Perikanan UMG, Farikhah, M.Si mengatakan banyak orang tak sadar bahwa air merupakan kebutuhan dasar kita akan tetapi kita masih saja sungai dan laut sebagai TPA (Tempat Pembuangan Akhir) / sampah sehingga ekologi air semakin terancam dan tidak menutup kemungkinan 10 tahun lagi ikan-ikan disungai akan sulit kita jumpai. Karenanya, kita perlu mempelajari secara akademik ilmu itu. “Kita ini bukan profesor Hamka, yang bisa belajar secara otodidak. Kita akan sangat sulit dipercaya oleh orang lain seperti beliau jika tanpa ditunjang ilmu akademik. Jadi semua harus bukti untuk menjadi ahli dan harus tersertifakasi terlebih dahulu.” kata Farikhah.

Kegiatan kuliah ini terselenggara atas kerja sama Program studi Budidaya Perikanan Universitas Muhammadiyah Gresik dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ECOTON (Ecological Observation and Wetlands Concervation) yakni Lembaga yang bergerak di bidang konservasi perairan di Indonesia khususnya Jawa Timur.