HIMBAUAN DAN TATA LAKSANA ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19)

Saat ini, tengah terjadi penyebaran wabah Coronavirus (COVID-19) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pimpinan Universitas Muhammadiyah Gresik mengeluarkan HIMBAUAN DAN TATA LAKSANA ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19) untuk dipahami oleh seluruh Civitas Akademika UMG.

Artwork_COVID_19.jpeg (392 KB)

Secara umum, Pimpinan UMG menghimbau seluruh dosen, tenaga administrasi, dan mahasiswa untuk terus menjaga kebersihan diri, yaitu dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand-sanitizer, menghindari menyentuh mata hidung dan mulut, serta menghindari kontak dengan penderita demam dan batuk.

Selain itu, bagi civitas yang sedang mengalami batuk serta bersin dianjurkan untuk selalu mengenakan masker di lingkungan kampus apabila sedang batuk dan bersin; serta segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat bila mengalami gejala seperti batuk, demam dan kesulitan bernapas, dengan menjelaskan rekam jejak serta riwayat perjalanan kepada petugas kesehatan.

Secara khusus UMG juga menaruh perhatian bagi civitas academika yang memiliki rencana atau tengah berkegiatan di luar negeri. Mahasiswa maupun dosen dianjurkan menangguhkan keberangkatan ke luar negeri. Baik yang akan kembali dari luar negeri maupun yang telah berinteraksi dengan pihak asing juga perlu melaporkan diri.

Bagi civitas academika yang yang akan beraktivitas di lingkungan UMG dengan mengumpulkan orang banyak, perlu mengabarkan jadwal kegiatan tersebut kepada pihak universitas, yaitu melalui Biro Administrasi Umum atau Kesekretariatan Rektorat. Seluruh himbauan ini merupakan bagian dari upaya melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh civitas academika UMG.

Rektor UMG Prof.Dr. Setyo Budi MS menghimbau agar Civitas Akademika UMG dapat beraktivitas seperti biasa, tetap tenang, serta tidak panik dalam menghadapi mewabahnya Coronavirus. Rektor UMG sangat mengapresiasi usaha setiap orang yang menjadi bagian dari UMG untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan UMG sehingga dapat mengantisipasi hal tersebut.

Gambar Himbauan dan Tata Laksana Antisipasi Penyebaran COVID-19

Surat Edaran tentang kewaspadaan terhadap virus COVID-19