TINGKATKAN PRESTASI, BIRO KEMAHASISWAAN GELAR SOSIALISASI PUSPRESNAS DAN P2MW 2022

Gresik, Biro Kemahasiswaan dan Alumni menggelar sosialisasi ajang talenta Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek RI dan Workshop Program Pembinaan Mahasiswa (P2MW) 2022 di Hall Sang Pencerah Lantai 8 (13/05). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor III, Suwarno, SE, M.Si, Ka. Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Afachrul Masub Bachtiar, M.Pd, Ka.Bag Minat, Bakat dan Ormawa, Hidayat, ST, M.Eng, Kaprodi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik, perwakilan 2 mahasiswa dari masing masing prodi, serta perwakilan dari UKM, BEM, IMM, DPM masing masing 1 orang.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan minat serta mengajak mahasiswa untuk berkompetisi dalam bidang wirausaha pada program P2MW serta mensosialisasikan ajang talenta pusat prestasi Nasional 2022.

P2MW.JPG (1.10 MB)

Suwarno, SE, M.Si, Wakil Rektor III memberikan sambutan dan menyampaikan motivasi untuk berwirausaha bagi mahasiswa. Beliau berharap mahasiswa bisa mengikuti ajang Puspresnas dan P2MW untuk dapat meningkatkan prestasi mahasiswa di lingkungan UMG.

“Saya yakin mahasiswa bisa lolos dalam kompetisi program pembinaan mahasiswa wirausaha (P2MW) 2022 dan mahasiswa mampu bersaing dalam perlombaan dalam tingkat nasional” ujar Dosen Prodi Akuntansi ini .

Pada kesempatan tersebut Ka. Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Afachrul Masub Bachtiar, M.Pd menuturkan tentang materi-materi workshop tentang wirausaha dan juga tips trik untuk lolos dalam program pembinaan mahasiswa wirausaha (P2MW) 2022.

P2MW1.JPG (977 KB)

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Dengan mengikuti P2MW mahasiswa berkesempatan juga untuk mengikuti program merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berwirausaha di perguruan tinggi. Oleh karenanya program ini sangat penting bagi Perguruan Tinggi dan mahasiswa yang peduli terhadap perkembangan mahasiswa berwirausaha.

P2MW3.JPG (964 KB)

Hidayat, ST, M.Eng, menyampaikan materi tentang Puspresnas. Beliau menjelaskan kepada peserta Sosialisasi dan Workshop bahwa Puspresnas merupakan sebuah unit organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan prestasi nasional yang mengemban tugas untuk mencari, mewadahi/mengumpulkan, mengatur, mendorong, dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi generasi emas Indonesia untuk mencapai puncak prestasi tertinggi dalam berinovasi dan berkreativitas di bidang: Sains, Teknologi, Seni/- Bahasa/Literasi, Olahraga, Vokasi dan Kewirausahaan, melalui kompetisi, lomba, festival dan apresiasi.

P2MW2.JPG (1.46 MB)

Puspresnas juga menjadi pelopor pengembangan asas gotong royong/kolaborasi yang akan diimplementasikan dalam strategi kemitraan dengan para pemangku kepentingan (Pemerintah, Entitas Bisnis, Komunitas, Akademisi, dan Media) guna mencapai misi Manajemen Talenta Nasional. Dengan terselengganya kegiatan ini para narasumber berupaya untuk terus meningkatkan minat mahasiswa pada program program hibah yang telah disediakan oleh Kemendikbudristek (HUMAS UMG).


19 May 2022
SOSIALISASI PERSIAPAN ASSESSMENT (REKOGNISI SMK PROGRAM 4 TAHUN) OLEH UPT VOKASI UMG
17 May 2022
SOSIALISASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM)2 OLEH BIRO KEMITRAAN
16 May 2022
KEMBALINYA EVENT BESAR UKM BASKET : UBL (UMG BASKETBALL LEAGUE) SETELAH 2 TAHUN VACUM