BERI INFORMASI E TILANG, SATLANTAS POLRES GRESIK SOSIALISASI MAHASISWA UMG

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik disambangi rombongan dari Satlantas Polres Gresik pada siang ini (01/07). Rombongan dari Satlantas Polres Gresik bertujuan untuk memberikan informasi terkait tilang elektronik kepada mahasiswa. Dipimpin secara langsung oleh Kanitkamsel Satlantas Gresik Iptu Sri Maryani dan personel memberikan himbauan kepada mahasiswa Universitas Muhamamdiyah Gresik.

Dalam himbauannya, Iptu Yani menyampaikan bahwa tilang elektronik ini adalah penerapan kamera pemantau berteknologi canggih untuk mengontrol pelanggaran lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Jika seseorang terkena tilang elektronik, lalu tidak membayar denda, maka sanksinya adalah pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

satlantas 2.JPG (207 KB)

Pemberlakukan ETLE ini diterapkan bagi semua jenis kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat. Kamera pemantau akan menangkap pelanggaran lalu lintas secara otomatis setiap kali terjadi pelanggaran di ruas jalan.

“Perangkat ETLE ini merekam dan memotret setiap pelanggaran lalu lintas pada lokasi yang dipasang kamera tilang elektronik, dari hasil rekaman itu, lalu petugas akan mengidentifikasi plat nomor dan data kendaraan menggunakan Electronic Registration & Identification (ERI), surat konfirmasi akan dikirimkan via Pos ke alamat pemilik kendaraan bermotor untuk konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi” tutur beliau.

satlantas.JPG (594 KB)

Pada akhir sosialisasi Iptu yani juga menjelaskan keselamatan lalu lintas pada hakikatnya mengupayakan semaksimal mungkin semua pelaku perjalanan dapat bergerak lancar tanpa terganggu dari awal hingga akhir perjalanan sehingga angka kecelakaan dapat ditekan (HUMAS UMG)