JIWA-JIWA HEBAT PEDULI KESEHATAN SESAMA

Oleh : Yuni Afifah

Mahasiswa Ners UMG

Di tengah banyaknya negara dan masyarakat dunia mengapresiasi kontribusi perawat dalam menangani wabah, tantangan yang berat justru dihadapi perawat di tanah air. Fenomena tersebut sungguh menjadi paradoks di tengah semangat para perawat dalam menolong sesama dengan jiwa caring-nya. Apresiasi, dukungan, dan terima kasih layak kita tujukan kepada para perawat yang merupakan ujung tombak dalam peperangan dalam menangani wabah.

Sesuai dengan tema Tema Hari Perawat Nasional 2022 adalah “Perawat Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas Covid-19. Tema ini memiliki makna perawat Indonesia terus melayani rakyat untuk bersama-sama menuju bangsa yang sehat dan segera terbebas dari virus Covid-19.

Secara umum, tugas perawat itu memberikan asuhan keperawatan baik saat pandemi maupun sebelum pandemi. Memang ada tantangan tersendiri saat pandemi seperti saat ini, seperti sifat penyakitnya yang mudah menular, sehingga perawat harus lebih hati-hati, waspada, serta disiplin. Jumlah pasien yang tinggi juga memberikan beban yang lebih dari biasanya.

Tenaga Keperawatan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena jumlahnya lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lain. Perawat memiliki  peran sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Selain itu, perawat juga berperan sebagai edukator yang bertugas memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien yang menjalani isolasi, keluarga, dan masyarakat umum.

Seluruh perawat pada masa pandemi yang melakukan perawatan pada pasien Covid-19  maupun Non Covid 19 telah mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga. Perawat telah mengorbankan keselamatan dan menghadapi ancaman tertular virus yang bisa berakhir pada kematian. Sebagai bagian dari garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19, tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik dan juga secara mental. Semoga Pandemi segera berakhir, karena sehat kalian adalah kebahagiaan kami.

 

“Menjadi seorang perawat bukanlah hal yang mudah. Masyarakat tidak akan tahu, seberapa lelahnya tubuhmu, seberapa banyak masalahmu, dan seberapa keras usahamu untuk tetap melaksanakan tugas, dengan tetap menunjukkan senyum ketulusan”

 

SELAMAT HARI PERAWAT NASIONAL UNTUK JIWA-JIWA HEBAT PEDULI KESEHATAN SESAMA


16 May 2022
MUHAMMADIYAH ITU SOFTWARE ATAU HARDWARE?
28 April 2022
IMPLEMENTASI KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA DI BIDANG INDUSTRI
21 April 2022
KALIAN ADALAH WANITA HEBAT, DENGAN CARA KALIAN SENDIRI (SPIRIT R.A KARTINI)