KEMERIAHAN ICE MANAJEMEN 23, UP SKILL BISNIS MAHASISWA DENGAN BAZAR DAN BUSSINES PLAN

Gresik, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG menyelenggarakan program ICE Manajemen 23. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan, dan merupakan rangkaian kegiatan Prodi Manajemen pertama setelah Pandemi Covid-19 ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang telah mereka dapatkan di kelas. Event ICE Manajemen diikuti oleh mahasiswa aktif UMG yang saat ini menempuh perkuliahan pada semester 1, 3, 5, serta yang membuat menjadi ramai dan semarak semua mahasiswa Prodi manajemen terlibat dalam kegiatan ini.

ICE5.jpeg (209 KB)

Berbagai produk makanan siap saji, makanan sehat, Korean Food, minuman kekiniah, souvenir, merchendise, pernak pernik hingga pakaian dan travel perjalanan umroh dan haji, tumpah ruwah dilapangan utama UMG (29/12). Prodi menyiapkan tenda untuk mahasiswa memamerkan kreasi bisnisnya serta tenda untuk panggung utama, karena rencananya kegiatan ini tidak hanya menggelar Bazar dari pagi hingga sore hari, tapi juga nonton bareng Final Piala AFF 2022 antara Indonesia dan Thailand.

Tujuan ICE Manajemen ini adalah memunculkan ide ide mahasiswa terkait dengan bisnis, dimana sesuai dengan visi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG. Sehingga mahasiswa tidak hanya mengetahui dan memahami teori ekonomi dan bisnis, tapi juga bisa mempraktikan sebagai bekal mereka saat lulus nantinya. Hal ini sesuai dengan Visi UMG yakni mencetak lulusan yang dijiwai entrepreneurship islami.

ICE4.jpeg (1.04 MB)

Alif Sulton Basyari, S.E., M.SM, Dosen Prodi Manajemen yang di tunjuk sebagai Penanggung Jawab kegiatan ICE Manajemen 23 menuturkan bahwa mahasiswa bisa menjadikan even ini sebagai salah satu pengalaman bagi mahasiswa untuk mereka dapat mengetahui dan kontak langsung dengan konsumen.

“Intinya dengan event ICE Manajemen ini, mahasiswa bisa mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapatkan dikelas, serta lalu langsung pratik di lapangan sehingga mereka nantinya bisa berbisnis dan menjadi pengusaha muda” tuturnya.

Kegiatan ini selaras dengan CPL (Capaian Pembelajaran) mata kuliah kewirausahaan, studi kelayakan bisnis, dan kreasis bisnis di prodi manajemen, CPL dari mata kuliah tersebut adalah membuat lulusannya berjiwa bisnis. Mata Kuliah Kreasi Bisnis berada di Semester 1, mata kuliah Kewirausahaan di Semester 3 serta mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis pada Semester 5.

ICE2.jpeg (215 KB)

Selain kegiatan Bussines Plan dan Nobar, ICE manajemen ini juga menyelenggarakan lomba bussines plan di Hall sang pencerah Lnt 8 UMG di waktu yang bersamaan. Pada kegiatan ini mahasiswa mempresentasikan rencana bisnisnya dan bagi yang memenangkan kompetisi, selain mendatkan trophy dan sertifikat mereka juga membawa pulang uang tunai total jutaan rupiah, sebagai modal untuk membangun bisnisnya.

Maulidyah Amalina Rizqi, S.E.,M.M, saat membuka kegiatan ini menyampaikan tujuan dan harapan dari kegiatan ini adalah dapat memberikan pembekalan dunia bisnis sesuai dengan ilmu managemen, meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam mengelola sebuah bisnis serta memberikan wadah kreatifitas bagi mata kuliah Kreasi Bisnis, Kewirausahaan, Studi Kelayakan Bisnis untuk pengimplementasian di lapangan atau pasar.

ICE3.jpeg (169 KB)

Banyak testimoni dari mahasiswa yang menegaskan bahwa kegiatan ICE Manajemen 23 sangat seru, meriah dan sangat bermanfaat bagi ilmu bisnis yang selama ini mereka dapatkan di kelas. Selain itu tantangan bagi mahasiswa adalah mereka dituntut untuk menjadi team work yang solid, sehingga dapat menjual produk dan mendapatkan banyak profit dari penjualannya (HUMAS UMG)