TINGKATKAN MUTU, DPM UMG GELAR PENYEGARAN AUDITOR AMI 2023-2024

Gresik, Direktorat Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Gresik (DPM UMG) menggelar koordinasi dan penyegaran materi Audit Mutu Internal 2023-2024 di Meeting room Lnt 7 (05/06) . Dihadiri oleh Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UMG, Dzakiyah Widyaningrum ST, M. Sc, beserta jajarannya, Dzakiyah menyampaikan Sistem Penjaminan Mutu Internal di UMG harus selalu menjadi lebih baik pada setiap periodenya, atau disebut juga dengan continuous improvement. Sehingga salah satu kegiatan periodik yang harus di dilaksanakan adalah Audit Mutu Internal.

dpm.jpeg (248 KB)

“Penyegaran ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja penjaminan mutu Universitas. Audit SPMI Universitas Muhammadiyah Gresik adalah kegiatan rutin setiap akhir tahun akademik yangdilakukan oleh auditor internal universitas untuk memeriksa pelaksanaan SPMI UMG, dan mengevaluasi apakah seluruh standar SPMI Universitas Muhammadiyah Gresik telah dicapai/dipenuhi oleh setiap unit dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik” ujarnya. 

Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal, M. Jufriyanto S.T, M.T menuturkan bahwa untuk menjamin pelaksanan SPMI dalam bidang akademik dan non akademik terlaksana secara efektif maka aktivitas manajemen SPMI dilaksanakan dengan menggunakan metoda PPEPP (Penetapan standar DIKTI, Pelaksanaan standar DIKTI, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan standar DIKTI).

dpm2.jpeg (287 KB)

“Salah satu komponen dalam PPEPP adalah peningkatan, dimana Peningkatan Standar Dikti dan Standar Perguruan Tinggi dilakukan terhadap hasil yang sudah memenuhi SN Dikti dan SN PT. Peningkatan standar ditujukan untuk mencapai kepuasan pemangku kepentingan (internal dan eksternal). Pengambilan keputusan atas Peningkatan Standar berdasarkan analisis data dan dilakukan secara partisipasif dan kolegial” ujarnya

Pelaksanaan Audit Mutu Internal di agendakan mulai tanggal 19 Juni hingga 7 Juli 2023, dengan jumlah 27 auditor yang ditugaskan untuk mengaudit 38 prodi dan 8 Biro secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Direktorat Penjaminan Mutu.

dpm3.jpeg (206 KB)

Dzakiyah menambahkan, dengan adanya Audit Mutu beliau berharap agar terjaminnya pemenuhan Standar Dikti secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembangnya budaya mutu serta dapat mengendalikan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu (HUMAS UMG).