UMG SUKSES MENJADI TUAN RUMAH FESTIVAL FAQIH USMAN (FFU) VI 2022

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik menjadi tuan rumah pada acara akbar Festival Faqih Usman (FFU) VI 2022. Rektor UMG Dr Eko Budi Leksono ST, MT membuka Final dan Awarding FFU VI yang digelar Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik dan Prodi PGSD FKIP UMG di Hall Sang Pencerah Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Ahad (29/5/22) pagi. 

FFU 3.jpeg (79 KB)

Harapannya, melalui festival itu, bisa mencetak umat terbaik sebagaimana dalam Ali Imran ayat 110 yang dia kutip yang artinya “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.” 

Rektor UMG tersebut, menyamakan kegiatan ini dengan pelajaran dari film Top GunMaverick yang baru dia tonton, di mana Kapten Pete ‘Maverick’ Mitchell dijadikan instrukstur. “Ini memberi contoh bagaimana memimpin pilot-pilot pesawat tempurnya Amerika,” tuturnya. 

Melihat perkembangan itu, Eko berharap ada pengembangan lagi di FFU selanjutnya. “Mungkin ke depan pesertanya dari Jawa Timur, bahkan internasional!” harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Faqih Usman Nurul Wafiyah MPd dalam sambutannya menyampaikan, sebanyak 497 siswa mengikuti ajang itu. Dengan rincian, 236 peserta dari SD/MI, 146 peserta dari SMP/MTs, dan 115 peserta dari SMA/MA/SMK.  

Beliau menjelaskan, karena para juri sudah menilai lewat live Zoom dari gedung SMAMSATU Sabtu (21/5/22). Kemudian panitia mengumumkan peserta yang lolos ke babak final sejak Rabu (25/5/22), Nurul berharap para finalis punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Selain itu, juga menguji sejauh mana kompetensi sekolah Muhammadiyah di Gresik. “Jangan lupa ini ajang mengenal anak-anak di Kabupaten Gresik yang nanti ke depannya menjadi keutuhan yang baik di Kabupaten Gresik,” imbuhnya. 

FFU 2.jpeg (128 KB)

“Peserta yang masuk ke babak Final sebanyak 126 finalis untuk memperebutkan 6 kategori lomba untuk siswa dan 1 kategori lomba untuk guru,” tutur Nurul Wafiyah MPd, Ketua Panitia FFU VI.

Usai pembukaan di Hall Sang Pencerah, para finalis masuk ke ruang penjurian sesuai kategori lomba masing-masing. Hanya finalis kategori lomba tahfidz yang babak finalnya tetap di hall sehingga bisa disaksikan semua yang hadir.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen PDM Gresik Ir Dodik Priyambada SAkt berharap, semoga FFU VI ini tetap dilanjutkan ke FFU berikutnya. Sebab, kegiatan ini mendapat dukungan secara luas dari sekolah dan madrasah di kabupaten Gresik.

Alumnus Teknik Sipil ITS Surabaya itu menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan FFU VI ini. “Terima kasih kepada semua peserta dan para pihak yang telah berpartisipasi di dalam FFU keenam. Semoga kerja sama tetap terjalin, khususnya untuk FFU selanjutnya dan kegiatan Dikdasmen PDM Gresik lainnya”, ungkapnya.

“Jumlah yang luar biasa di tengah pembelajaran. Ini FFU ke-6 dan terakhir di kepengurusan kita,” ungkap Nurul yang telah menjadi ketua pelaksana FFU selama enam tahun masa kepengurusannya. 

FFU 1-min.jpeg (274 KB)

Untuk itu, Nurul berharap, ini bukan FFU yang terakhir. “Karena ini wadah bagi seluruh sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Gresik untuk berkompetisi, berprestasi, dan berbahagia,” ujarnya. Pada akhir sambutan Nurul menegaskan, “Ini lomba tapi di dalamnya dipenuhi rasa cinta, kebahagiaan, dan suka cita.” (HUMAS UMG)