KUATKAN SINERGI, UMG TURUT SERTA WORKSHOP PENGEMBANGAN HUMAS PTMA BATCH 2

Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Gresik turut hadir dalam Workshop pengembangan HUMAS PTMA BATCH 2. Fajar Junaedi. Dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang adir sebagai moderator pada siang itu menyampaikan bahwa memperlakukan media sosial institusi sebaiknya dikelola layaknya pasangan hidup kita. Beliau juga berharap semakin sinergisnya Humas PTMA dengan media massa akan menambah citra baik kampus di mata masyarakat. 

Hadir juga pada kegiatan tersebut, Yamadipati Seno. Seno (sapaanya) menyatakan bahwa akun media sosial kecenderungannya menjadi sangat personal, informatif, otentik, dan memenuhi ekspektasi audiens. Artinya sangat personal adalah tidak boleh lagi satu arah, contohnya seperti eye level dengan anak kecil dan pakai bahasa yang sama. Menyesuaikan dengan audiences dimana mayoritas sasaran adalah mahasiswa.

HUMAS 1.jpeg (113 KB)

Hal ini disampaikan oleh Yamadipati Seno, redaktur Mojok dalam workshop  Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA). Workshop ini digelar oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kamis (4/8/22).

“Otentik menunjukan media sosial akan diingat oleh audiens. Untuk mencapai otentik, humas harus melakukan riset sehingga didapatkan konsep yang kuat sebelum melakukan unggahan konten,” tambahnya. Seno menjelaskan bahwa ketika sesuatu menjadi viral, terjadi cross platform dengan terunggah di berbagai platform. Mitigasi menjadi penting dalam mengelola isu yang terjadi di media sosial.

“Warganet media sosial inginnya hemat waktu dimana konten isinya komplet, informatif dan solutif. Lalu fokus pada solusi dan berusaha proaktif, bukan reaktif di beberapa isu,” jelas Seno tentang karakter warganet. 

HUMAS 2.jpeg (99 KB)

Universitas Muhammadiyah Gresik mengikuti workshop selama 4 hari pengembangan humas perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah. Keikutsertaan ini dalam rangka meningkatkan kinerja kehumasan di Universitas Muhammadiyah Gresik.  Tujuannya agar mencapai reputasi. Dengan reputasi kampus yang baik, maka kepercayaan publik terhadap UMG semakin tinggi (HUMAS UMG)


11 August 2022
UMG DIPERCAYA DIREKTORAT SMK KEMENDIKBUD RI, DAMPINGI PROGRAM SMK-PK TAHUN KE DUA (2022)
10 August 2022
SIAP TERBANG KE LUAR NEGERI, UMG GELAR SEMINAR BERSAMA KONJEN AUSTRALIA
10 August 2022
MULAI FGD HINGGA MOU KERJASAMA, UMG MAJU BERSAMA PT GARAM