KEMBALI KE FITRI, SILATURRAHMI IDUL FITRI 1443 H CIVITAS AKADEMIK UMG

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan kegiatan Silaturrahmi Idul Fitri 1443 H di Hall Sang Pencerah Lnt 8 Gedung I UMG. Hadir dalam kegiatan tersebut Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, Sekretaris Majelis Diktilitbang Pengurus Pusat Muhammadiyah, Anggota DPR RI Komisi X, Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si, Ketua BPH UMG Prof. Dr. Biyanto, M.Ag beserta jajaran BPH lainnya. Hadir juga pada kegiatan tersebut, para pimpinan UMG, Rektor UMG, Dr. Eko Budi Leksono ST, M.T, Wakil Rektor I, II, III serta seluruh civitas akademik UMG mulai Dosen hingga tenaga kependidikan.

1443 H4.JPG (1.22 MB)

Kegiatan dibuka dengan lantuan ayat suci Al Quran yang disampaikan oleh Rosyidul Arifibillah, S.Pdi, S.Pd, Ketua Umum PC IMM Gresik (2013-2014). Dr. Eko menyampaikan permohonan maaf mewakili jajaran pimpinan UMG kepada seluruh civitas akademik dan berdoa semoga amalan ibadah kita dibulan Ramadhan kemarin dicatat sebagai amalan ibadah terbaik oleh Allah SWT. Beliau juga berpesan kepada seluruh civitas agar terus berlomba dalam kebaikan, dimana pada konteks akademik saat ini, beliau berharap kinerja pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat semakin meningkat, sehingga dapat meningkatkan prestasi UMG baik di tingkat nasional maupun internasional.

Senada dengan Rektor UMG, Prof. Dr. Biyanto, M.Ag Ketua BPH UMG juga menuturkan bahwa memajukan Universitas Muhammadiyah Gresik ini adalah tugas bersama, dan kita bersama hendaknya menjadikan UMG sebagai ladang perjuangan baik dosen dan tenaga kependidikan.

“Pada kesempatan Silaturrahim Idul Fitri 1443 H ini marilah kita jadikan sebagai momentum untuk menyamakan persepsi visi dan misi UMG kedepannya, sehingga kita menjadikan UMG lebih baik dan berkemajuan dari tahun-tahun yang lalu” pesan beliau.

1443 H 2.JPG (1.09 MB)

Beliau menjelaskan menurut pandangan Islam setiap manusia yang lahir di muka bumi ini dalam keadaan fitrah yakni asal kejadian yang suci dan murni. Manusia terlahir dalam keadaan bersih tanpa mempunyai dosa, dan Ramadhan lalu semoga menjadikan kita pribadi-pribadi yang suci dan fitrah kembali. Beliau berharap kampus UMG ini bisa menjadi lahan untuk meraih Ridho Allah SWT.

“Semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang orang yang kembali dan orang orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan” doa Prof Bi untuk seluruh civitas akademik UMG.

Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si saat menyampaikan sambutan kepada seluruh civitas UMG, senantiasa berpesan agar menjadi pribadi yang peduli dan senantiasa saling membantu dalam kebaikan. Beliau menuturkan bahwa dunia politik saat ini sudah berubah menjadi arena transaksional. Kebenaran dan keadilan, kursi dan kekuasaan dijual demi uang dan kekayaan.

1443 H6.JPG (1.59 MB)

Dipandu oleh Dr. Abdul Kholid Ka. Biro DPAIK sebagai moderator kajian, Sekretaris Majelis Diktilitbang Pengurus Pusat Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, dalam kajiannya menuturkan bahwa keunggulan kampus Muhammadiyah dari Perguruan Tinggi lainnya terutama UMG ini mempunyai 3 kekuatan yakni : seluruh nafas kampus Muhammadiyah mengemban misi dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Dimana dalam setiap kegiatan baik pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat yang dilaksanakan selalu mempunyai misi Dakwah.

“Kita selalu niatkan pada saat bekerja hanya untuk beribadah, sehingga Allah mencatat apa yang kita kerjakan sebagai amalan baik yang tidak akan terputus hingga nanti telah meninggal dunia. Dimana salah satu amalan yang tidak pernah terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Luruskan niat kita saat bekerja hanya untuk mencari keridhaan Allah” pungkas beliau.

1443 H.JPG (1.05 MB)

Suasana kekeluargaan dan kebersamaan semakin tercipta saat akhir Silaturrahim Idul Fitri seluruh civitas melebur menjadi satu untuk saling memaafkan dan beramah tamah sambil menikmati hidangan yang telah disediakan panitia (HUMAS UMG).


19 May 2022
SOSIALISASI PERSIAPAN ASSESSMENT (REKOGNISI SMK PROGRAM 4 TAHUN) OLEH UPT VOKASI UMG
17 May 2022
SOSIALISASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM)2 OLEH BIRO KEMITRAAN
16 May 2022
KEMBALINYA EVENT BESAR UKM BASKET : UBL (UMG BASKETBALL LEAGUE) SETELAH 2 TAHUN VACUM