UMG DIPERCAYA DIREKTORAT SMK KEMENDIKBUD RI, DAMPINGI PROGRAM SMK-PK TAHUN KE DUA (2022)

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik dipercaya kembali oleh DIREKTORAT SMK KEMENDIKBUD sebagai Perguruan tinggi yang mendampingi Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMKPK) tahun 2022. Berdasarkan Keputusan Nomor 88/D/M/2022, menyatakan bahwa terdapat 11 SMK yang nantinya akan didampingi oleh UMG, diantaranya 10 SMK yang ada di Jawa Timur yakni; SMKN 1 Banyu Putih - Situbondo. SMKN 1 Kalianget - Sumenep. SMKN 1 Pungging - Mojokerto. SMKN 1 Singgahan - Tuban. SMKN 1 Singosari - Malang. SMKS Muhammadiyah 5 Babat - Lamongan. SMKS Pawyatan Daha 3 - Kediri. SMKS Pelayaran Muhammadiyah - Tuban. SMKS Perikanan dan Kelautan - Jember. SMKS PSM 2 Takeran - Magetan. dan 1 SMK yang ada di Kalimantan Selatan yakni; SMKN SPP Pelaihari - Tanah Laut. 

Pak Agung 3.jpeg (113 KB)

Tahun sebelumnya UMG hanya mendampingi 6 SMK, namun untuk tahun ke 2 , Tahun 2022 ini UMG dipercaya mendampingi 11 SMK. Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud dimulai sejak pada tahun 2021. Tujuan dari lahirnya program ini adalah mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. Sehingga, terdapat peningkatan kualitas dan kinerja yang nantinya menjadi SMK rujukan bagi sekolah lainnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. menjelaskan bahwa SMK PK merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang ke-8. Proses persiapan pada program ini juga sangat detail, mengingat program ini berkaitan dengan 1,5 juta lulusan SMK di Indonesia. Baik lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha dan dunia industri.

Pak Agung 2.jpeg (112 KB)

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr Eko Budi Leksono, ST, MT merasa bangga dengan pencapaian UMG, karena hanya beberapa kampus dari Jawa Timur yang dipercaya untuk mendampingi Program SMKPK. Hal tersebut juga diamini oleh Ka UPT Vokasi dan Sertifikasi. Dr. Moh. Agung Surianto, SE, M.S.M. Beliau beserta jajaran UPT Vokasi & Sertifikasi siap mendampingi dan mengawal Program SMK PK ini hingga selesai, serta beliau berharap citra baik UMG bisa dikenal oleh bukan hanya masyarakat Jawa Timur, tapi juga di kancah Nasional (HUMAS UMG).


24 September 2022
PELATIKAN REKTOR UMG MASA JABATAN 2021-2025 PENGGANTI ANTAR WAKTU
23 September 2022
PROF HAEDAR, KENANG SOSOK HUMBLE REKTOR UMG SAAT TAKZIYAH VIRTUAL
23 September 2022
PROF MU’TI : SEMANGAT MEMBESARKAN MUHAMMADIYAH HARUS TETAP TERPATRI DI HATI