Kuliah Jaman NOW UMG Bahas Pengabdian Dosen di Era New Normal

Gresik - Universitas Muhammadiyah Gresik melanjutkan seri Kuliah Jaman NOW atau Nang Omah Wae sebagai bentuk aktifitas kuliah umum dan seminar secara daring, Senin (27/07). Kuliah Jaman NOW kali ini mengangkat tema “Ide Kreatif Pengabdian Masyarakat di Era New Normal” yang digagas oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Gresik, bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang.

webinar_pengabdian_dosen.jpeg (148 KB)

Pada Kuliah Jaman NOW ini, pembicara yang dihadirkan adalah Kepala LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gatot Supangkat, M.P., dan Direktur DPPM Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si., dengan moderator Kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Nur Fauziyah, M.Pd.

Dalam materinya, Dr. Gatot dan Prof. Yus menyampaikan tentang pentingnya melakukan pengabdian masyarakat bagi dosen sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yang merupakan tugas utama dosen selain pengajaran dan penelitian. Disini berarti, meskipun dengan adanya pandemi, bukan berarti kegiatan pengabdian masyarakat tidak dapat dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat tetap dapat dilaksanakan namun dengan menggunakan model baru.

webinar_pengabdian_dosen_2.jpeg (104 KB)

Prof. Yus dari Universitas Muhammadiyah Malang menyatakan jika sebelumnya pada kondisi sebelum covid-19 kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan sepenuhnya 100% secara offline, maka di era new normal model yang dilakukan adalah dengan menjalankan model blending antara online dan offline, dimana jika dilakukan secara offline maka tetap harus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Lebih lanjut Prof. Yus mencontohkan kegiatan pengabdian masyarakat pada era new normal ini bisa ditujukan untuk memberdayakan potensi masyarakat desa, serta mengembangkan potensi desa selama masa pandemi.

Selain itu Dr. Gatot juga menyampaikan mengenai pentingnya melakukan kolaborasi dan sinergi lintas prodi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Hal ini ditujukan untuk mengeliminasi keterbatasan, meningkatkan efektifitas dan efisiensi program, meningkatkan output dan outcome, serta dapat meningkatkan keberlanjutan program pengabdian masyarakat tersebut.

Seri Kuliah Jaman NOW ini dapat diakses pada: https://www.youtube.com/watch?v=5XNnnms2afc

(Humas UMG)


28 July 2020
UMG Buat Paspor Kolektif Lewat Layanan Eazy Passport
27 July 2020
Rektor UMG Kembangkan 7 Klon Unggul Tanaman Tebu
27 July 2020
Kuliah Jaman NOW UMG Bahas Pengabdian Dosen di Era New Normal