Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri 2021

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik melakukan kegiatan Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Program PMM-DN 2021 (28/09).  Kegiatan tersebut dihadiri oleh 77 peserta yang terdiri dari 28 mahasiswa inbound, 28 mahasiswa outbound, Dosen PIC dari UMG dan Dosen PIC dari Universitas Swasta lain di Indonesia serta para Pimpinan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik. Pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Screenshot (20).png (994 KB)

Laporan dari PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka atau yang disingkat PMM, Paulina S.Pd, M.Pd bahwa telah terseleksi oleh DIKTI 28 mahasiswa UMG yang terbagi dalam 11 Program Studi yakni : 7 mahasiswa Akuntansi, 1 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa Teknik Informatika, 1 Mahasiswa Kewirausahaan, 2 mahasiswa Budidaya Perikanan, 1 Mahasiswa Hukum, 2 Mahasiswa Teknik Kimia, 2 Mahasiswa Psikologi, 2 Mahasiswa Teknik Mesin, 6 Mahasiswa Agribisnis dan 2 Mahasiswa Teknik Konstruksi Perkapalan, 28 Mahasiswa tersebut telah diterima di berbagai Perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Gresik juga menerima mahasiswa inbound sejumlah 28 mahasiswa dari 20 Perguruan tinggi diantaranya : Universitas Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai, STMIK Widya Cipta Dharma, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Bosowa, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Makassar, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Muhammadiyah Kupang, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Nusa Cendana, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Udayana, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makkasar Bongaya.

Rektor UMG, Dr. Eko Budi leksono, S.T, M.T menyampaikan kepada peserta bahwa melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

“Mahasiswa yang terpilih dalam kegiatan PMM-DN ini adalah mahasiswa pilihan dan unggulan yang telah lolos dari seleksi Kemendikbud-Ristek. Oleh karena itu kami berharap mahasiswa dapat memberikan warna di tempat yang baru, baik di UMG bagi mahasiswa inbound maupun perguruan tinggi lainnya bagi mahasiswa outbound. Semoga Ilmu yang didapatkan akan bermanfaat bagi mahasiswa, perguruan tinggi serta masyarakat luas “ tutur Dr. Eko.

Screenshot (19).png (969 KB)

Sejalan dengan sambutan Rektor, Nadhirotul Laili, S.Psi, M.Psi Wakil Rektor I UMG memperkenalkan Fakultas dan Prodi yang ada di Universitas Muhammadiyah Gresik. Beliau juga menyampaikan bahwa perkuliahan di UMG dilakukan dengan daring (online) dan luring (tatap muka). Pelaksanaan Perkuliahan Luring atau offline harus sesuai dengan SOP dan Protokol Kesehatan.

“Mahasiswa inbound UMG harus melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu sekitar 5 hari, untuk vaksinasi akan kami informasikan kemudian. Ketika masuk ke kampus UMG maka mahasiswa harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti yang telah kami terapkan selama ini di UMG. Salah satunya dalam mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, cek suhu sebelum masuk ke wilayah kampus. Saya mengucapkan selamat kepada mahasiswa inbound dan outbound UMG, semoga kalian bisa menyerap ilmu secara optimal sehingga bisa sharing dengan mahasiswa yang lainnya” jelas Wakil Rektor I UMG tersebut.

Di samping sambutan para pimpinan juga ada beberapa testimoni, salah satu diantaranya adalah PIC Universitas Negeri Gorontalo, Dr Nova Elisya Ntobuo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Gresik yang telah menyambut baik mahasiswa UNG sebagai mahasiswa inbound program PMM-DN.

Screenshot (18).png (736 KB)

Testimoni juga disampaikan mahasiswa inbound dan outbond UMG, mereka menyampaikan rasa bangga karena telah melalui proses seleksi Kemendikbud-Ristek dan terpilih sebagai mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Negeri atau yang disingkat PMM-DN. Pada akhir kegiatan tersebut, mahasiswa inbound menampilkan video tentang macam kuliner yang ada di Gresik (HUMAS UMG).