D4 Kebidanan UM Gresik

Program studi D4 Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) merupakan ilmu pengetahuan yang beroritenasi keahlian praktis guna menunjang pengembangan profesi bidan. Pada jenjang Diploma 4, mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi kebidanan yang mahir serta dilengkapi kemampuan kependidikan untuk berkarir sebagai tenaga pengajar di bdiang kebidanan (perguruan tinggi). 

berbeda dengan ilmu kebidanan pada jenjang D3, alumni D4 kebidanan UMG dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi, Sarjana Strata Dua (S2) di berbagai disiplin ilmu. Hal ini dimungkinkan karena program D4 mendapat kesetraan dengan jenjang S1. Sementara institusi penyelenggaraan program yang bereputasi Universitas terkemuka akan turut meningkatkan kepercayaan diri pada alumni untuk memenangkan persaingan dalam dunia karir, maupun memajukan usaha klinik secara mandiri. 

Ketersediaan alumni D4 kebidanan masih sangat diperlukan masyarakat dalam negeri. Profesi bidan merupakan ujung tombak persalinan untuk mencegah angka kematian ibu dan anak. Hal ini meningkatkan nilai penting peran bidan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (human development index) melalui peningkatan kualitas kesehtan masyarakat. 

Visi :

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan tenaga profesi terapan kebidanan yang mandiri, prefessional dan memiliki jiwa entrepreneur, berlandaskan pada nilai-nilai islami pada tahun 2030.

Misi :

1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan terapan kebidanan yang berkualitas dengan landasan kurikulum yang bersifat evidence based.

2. Menyelanggarakan riset dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan ilmu kebidanan terkini.

3. Menyelenggarakan pelatihan kebidanan berbasis entrepreneur.

Tujuan :

1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan kebidanan yang mampu memberikan pelayanan kebidanan yang mandiiri dan professional sesuai dengan standart pelayanan kebidanan.

2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam meespon secara efektif kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat yang sesuai ilmu kebidanan terkini.

3. Terselenggaranya pelatihan kebidanan berbasis entrepreneur.

4. Menghasilkan lulusan sarjana terapan kebidanan yang memiliki sikap jujur, sabar dan amanah serta menjunjung tinggi professionalisme.

PROFIL LULUSAN 

  1. Menjadi bidan profesional manajer berwawasan global

  2. Pendidik

  3. Ilmuwan/ peneliti