Gresik, Prodi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMG menggelar kuliah umum yang bertajuk Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Kategori 2 secara daring (29/09). Peserta kuliah umum terdiri dari Dosen, Guru Pamong dan mahasiswa PPG dalam jabatan kategori 2. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Dekan FKIP UMG Dr Nur Fauziyah, M.Pd, serta Kaprodi PPG yakni Fatimatul Khikmiyah M.Sc.
Dalam sambutannya, sekaligus membuka kegiatan kuliah umum, Dekan FKIP UMG Dr Nur Fauziyah, M.Pd menyampaikan tujuan mengikuti kuliah umum ini, mahasiswa akan memperdalam pengetahuannya tentang kurikulum merdeka.
“Harapannya ketika kembali ke instansi asal, mahasiswa dapat berbagi praktik baik dengan rekan-rekan sejawatnya sekaligus menginspirasi untuk mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dan berdiferensiasi” tuturnya
Selain memberikan sambutan, Dekan FKIP juga memberikan materi pembelajaran berdiferensiasi dalam kuliah umum tersebut. Seperti diketahui bersama bahwa Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang tujuannya untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan.
Topik pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen dalam kurikulum merdeka dipilih untuk memberikan penguatan kepada mahasiswa PPG agar semakin terampil dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Pada Kurikulum Merdeka, guru memiliki keleluasaan untuk merumuskan tujuan pembelajaran serta rancangan pembelajaran dan assesmen sehingga proses pembelajaran akan menjadi lebih terbuka dan dinamis. Saat ini, belum semua instansi asal mahasiswa PPG dalam jabatan menerapkan kurikulum merdeka.
Kaprodi PPG yakni Fatimatul Khikmiyah M.Sc, juga mengantarkan materi tentang assesment diagnostik, formatif dan sumatif. Kaprodi PPG tersebut menyampaikan bahwa asessmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk guru, peserta didik, dan orang tua, agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya (HUMAS UMG)