LESTARIKAN ALAM TEMPAT TINGGAL KITA DI MASA DEPAN

Oleh :

Nurul Avifah

Humas MAHAPALA “BIRU” Universitas Muhammadiyah Gresik Periode 2021 – 2022

 

Keberadaan hutan dalam kehidupan manusia mempunyai banyak hubungan timbal balik. Hutan mempunyai banyak manfaat mulai dari manfaat ekologis, sosial, budaya dan juga manfaat ekonomis. Begitu juga sebaliknya manusia juga mempunyai peran untuk menjaga hutan dan semua satwa dan tumbuhan yang hidup didalamnya. Meskipun begitu manfaat hutan ada yang dapat dirasakan secara langsung dan tidak langsung. Manfaat secara langsung yang bisa dirasakan seperti sumber daya alam yang digunakan dalam kehidupan sehari – sehari. Sedangkan manfaat tidak langsung seperti manfaat rekreasi, perlindungan dan pengaturan tata air, pencegahan erosi.

Namun hubungan timbal balik antara hutan dan manusia sering kali tidak terjadi, karena kurangnya kesadaran manusia bahwa pemanfaatan hutan dengan bijak dan menjaga satwa dan tumbuhan yang hidup di dalam hutan juga hal yang sangat penting. Dampak yang ditimbulkan dari kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga hutan dan habitat didalamnya dapat menimbulkan kerusakan hutan, perubahan iklim, kepunahan spesies yang tinggal di hutan, timbulnya bencana alam, terganggunya siklus air, kerugian ekonomi dan mempengaruhi kualitas hidup.

Kondisi hutan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini dapat dikatakan sedang tidak baik – baik saja, deforestasi atau pengalihan fungsi hutan terus terjadi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan Forest Watch Indonesia pada tahun 2021 mengatakan bahwa ada sekitar 680 ribu hektar hutan di Indonesia yang hilang. Deforestasi hutan di Indonesia menimbulkan dampak yang sangat serius baik tingkat nasional maupun internasional karena hutan Indonesia merupakan salah satu penyumbang oksigen terbesar di Dunia. Berdasarkan data BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengatakan bahwa pada tahun 2020 ada 2.925 kejadian banjir, longsor, puting beliung dan kebakaran hutan. Deforestasi hutan ini  menjadi salah satu penyumbang besar terjadinya begitu banyak bencana alam di Indonesia. Selain itu deforestasi juga berdampak terhadap kepunahan satwa dan tumbuhan karena hilangnya fungsi hutan sebagai habitat alami satwa dan tumbuhan. Kehidupan sosial masyarakat sekitar yang sumber mata pencahariannya berasal dari hutan juga sangat terganggu dengan terjadinya deforestasi.

Permasalahan kondisi hutan di Indonesia adalah masalah bagi kita semua termasuk para generasi muda yang seharusnya turut andil dalam menyuarakan dan bergerak secara aktif dalam membantu menyelesaikan permasalahan ini. Namun seringkali sebagai generasi muda kurang adanya ketertarikan untuk mengetahui dan mencari tau permasalahan seperti ini karena dampaknya yang tidak dirasakan secara langsung. Padahal sebagai generasi muda dengan adanya kemajuan teknologi saat ini dimana kita bisa mengakses banyak informasi dengan mudah seharusnya bukan hal yang sulit untuk mencari tau bagaimana kondisi hutan saat ini. Dan dengan kecepatan kemampuan untuk berbagi informasi kita bisa saling mengingatkan bahwasannya saat ini sedang ada masalah besar yang mengancam masa depan kita nanti.

Kemudian apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda? Tentunya sebelum kita mampu berbagi informasi ke orang lain, mulailah dari diri sendiri kita terlebih. Selain penting untuk mengetahui dan memahami permasalahan hutan penting juga untuk menyaring informasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Jangan mudah terbawa dan ikut menyuarakan informasi yang belum benar atau masih dipertanyakan kejelasannya. Selain itu ada beberapa hal lain yang dapat kita lakukan untuk menjaga hutan dan habitat di dalamnya yaitu dengan menjaga perilaku ketika berada di kawasan hutan, jangan memberi makanan sembarangan untuk satwa di hutan dan jangan memetik tumbuhan yang dikategorikan sebagai tumbuhan yang terancam punah. Ketika membeli produk atau barang pilihlah yang ramah lingkungan, sehingga dalam hal ini dibutuhkan untuk mencari informasi sebelum membeli suatu produk. Mendukung program pemerintah dan komunitas yang bergerak dibidang konservasi dalam hal menjaga kelestarian hutan dan habitatnya.

Meskipun saat ini kita belum merasakan dampaknya, tetapi sebagai gerasi muda yang mampu menjadi penggerak untuk masyarakat sekitar sudah seharusnya kita yang lebih tau dampak jangka panjang dari kerusakan hutan bisa mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita di masa depan. Mari menggunakan kemajuan teknologi untuk mencari tau informasi terkait lingkungan dan alam di Indonesia agar nantinya bisa tempat yang lebih baik untuk anak cucu kita.

“Bijaklah dalam memilih lifestyle-mu, karena itu yang akan menentukan tempat tinggalmu di masa depan, salam lestari!”


16 May 2022
MUHAMMADIYAH ITU SOFTWARE ATAU HARDWARE?
28 April 2022
IMPLEMENTASI KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA DI BIDANG INDUSTRI
21 April 2022
KALIAN ADALAH WANITA HEBAT, DENGAN CARA KALIAN SENDIRI (SPIRIT R.A KARTINI)