Universitas Muhammadiyah Gresik berhasil mempertahankan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015. Sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2015 resmi diterima Universitas Muhammadiyah Gresik pada hari Rabu (5/9).
Slamet Asari selaku Kepala Badan Penjaminan Mutu UMG menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai sertifikasi yang berguna untuk penjaminan mutu sebuah kampus sampai tingkat internasional. Beberapa hal yang6 harus dipenuhi tersebut mulai dari proses akademik hingga layanan non-akademik.
"Tidak hanya pemenuhan standar akademik, tapi menyiapkan tim yang solid agar semua pekerjaan yang dijalankan berjalan sesuai standar juga harus dipenuhi,"jelas Asari saat menerima Sertifikat, Kamis (5/9).
Fokus audit tahun ini, katanya, ditujukan pada inovasi berkelanjutan dalam sebuah institusi kampus. Apalagi untuk Universitas seperti UMG maka inovasi harus terus muncul seiring dengan perkembangan teknologi.
Menurut Asari, salah satu poin penting dalam penilaian kali ini adalah pelayanan pelanggan. Sebuah instnais kampus harus bisa melakukan pelayanan yang baik dan sesuai standar jika ingin meraih sertifikasi penjaminan mutu.
"UMG sendiri sudah mulai menjalankan kaidah sistem manajemen mutu untuk menjalankan aktivitas kampus sejak lima tahun yang lalu," katanya.
Nanang menjelaskan di tahun 2015 Universitas Muhammadiyah Gresik Indonesia berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk kali pertama dan berhasil dipertahankan hingga saat ini. ISO 9001:2015 merupakan pembuktian jika sebuah kampus tak hanya berhasil dalam menjalankan SOP manajemen, tetapi meliputi pula segi pengerjaan aktivitas akademik, pelayanan pelanggan, dan sejumlah standar yang sudah ditentukan.
Universitas Muhammadiyah Gresik berhasil mempertahankan sertifikasi penjaminan mutu ini tanpa ada kesalahan minor maupun mayor. Tidak ditemukannya masalah tentu saja merupakan hasil dari usaha yang telah dilakukan sebelumnya.
"Kita mulai berbenah untuk pemberkasan dokumen, proses monitoring di internal, pengelolaan tim, source code, hak kekayaan internal, dan yang terpenting adalah menjamin kepuasan pelanggan dan menjaga kolaborasi tim," jelasnya lagi.
Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Gresik Indonesia, Khoirul Anwar, bersyukur bisa mempertahankan ISO. Dengan sertifikasi ini membuat UMG setara dengan kampus yang sudah berkembang lebih dahulu.
“Harapannya, setelah adanya sertifikasi ini, UMG bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. ISO 9001:2015 adalah upaya dalam menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan hingga bisa memenuhi ekspektasi pelanggan,"ucap Khoirul Anwar.
Hasil audit tahun ini membuktikan jika dalam proses kerja yang dilakukan di internal UMG, yang meliputi siklus manajemen bisnis dari fase pra-project hingga delivery dan maintenance telah sesuai dengan standardisasi manajemen mutu yang disandang UMG. Dengan hasil audit sertifikasi ISO 9001:2015 ini, UMG semakin menunjukan komitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan, kepuasan pelanggan dan menjaga kepercayaan pelanggannya.