Pendidikan Bahasa Inggris UM Gresik

AKREDITASI

Program Studi ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan Nomor SK "992/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018"

VISI

Visi keilmuan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah “Sebagai pusat pendidikan calon guru Bahasa Inggris yang unggul dalam teknologi pembelajaran pada semua jenjang pendidikan dan berjiwa entrepreneurship Islami pada tahun 2030”

Adapun makna keilmuan dari visi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai berikut:

  1. Calon Guru Bahasa Inggris yang unggul memiliki makna bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris akan mengimplementasikan proses pembelajaran yang menunjang kemampuan hard skill maupun soft skill dari mahasiswa sehingga 21 mahasiswa akan memiliki keunggulan menjadi calon pendidik di bidang Bahasa Inggris.
  2. Unggul dalam teknologi pembelajaran pada semua jenjang Pendidikan memiliki makna bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selalu mengintegrasikan kemampuan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan media teknologi sebagai kemampuan dasar dalam teknologi pembelajaran agar mahasiswa memiliki kemampuan dasar menjadi calon pendidik pada semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK sederajat)
  3. Berjiwa entrepreneurship Islami memiliki makna bahwa dalam proses pembelajaran dikembangkan agar mahasiswa memiliki sikap yang tangguh, pantang menyerah, berani mengambil resiko yang didasari nilai-nilai Islam.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas dengan landasan kurikulum yang berkarakter

  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan program

  3. Proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang unggul, berkelanjutan dan sesuai dengan perkembangandan tuntutan zaman.

  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan tata kelola prodi yang mandiri dan akuntabel.

TUJUAN

  1. Menghasilkan SDM prodi pendidikan bahasa Inggris unggul, kompetitif, komunikatif, professional dan berkarakter serta memiliki kemampuan dan ketrampilan ilmiah serta mampu mengembangkan iptek bagi dunia pendidikan global.
  2. Menjadikan prodi pendidikan bahasa Inggris sebagai lembaga ilmiah dan rujukan ilmiah dalam bidang pendidikan .
  3. Menjadi Prodi yang mandiri dalam pengelolaan sumber daya secara efektif, efesien serta berkelanjutan dengan mengedepankan good governance department.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mengintegrasikan jiwa kewirausahaan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

    

SASARAN

  1. Terwujudanya kompetensi mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian, IT dan pengabdian masyarakat dalam bidang Pendidikan bahasa Inggris yang mempunyai daya saing tinggi.

  2. Terwujudnya proses pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas.

  3. Tercapainya peningkatan reputasi akreditasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

  4. Tersedianya hasil-hasil penelitian yang inovatif untuk kemajuan perkembangan ilmu Pendidikan.

  5. Tercapainya kemadirian prodi di bidang sumber daya dan sarana pembelajaran yang akuntabel.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Profil lulusan program studi S1 Pendididikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik terbagi menjadi dua bagian yaitu profil utama dan profil pilihan.

  1. Profil Utama

    Tenaga Pendidik Bahasa Inggris Profesional yang mampu:

    • mendidik bidang bahasa Inggris di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

    • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar.

    • melakukan kegiatan ilmiah dalam bidang pendidikan/keilmuan Bahasa Inggris dan menemukan inovasi-inovasi pendidikan Bahasa Inggris dan terapannya di bidang IT.

    • mengintregasikan media ajar dengan media IT

    • memiliki nilai TOEFL > 500.

  2. Profil Penciri

    1. Penerjemah

      • Menerjemahkan teks tulis / lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya secara akurat, berterima, dan keterbacaan yang tinggi.

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar

    2. Pengelola Program Pelatihan Bahasa Inggris.

      • Mendesain program pelatihan bahasa Inggris

      • Memasarkan program pelatihan bahasa Inggris

      • Mengelola program pelatihan bahasa Inggris

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar

    3. Pendidik dalam bidang EYL ( English for Young Leaners)

      • Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris bagi young leaners dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan berpusat pada siswa.

      • Mampu mengembangan kurikulum, sillabus, materi ajar dan media Pembelajaran bahasa inggris bagi young leaners.

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancer

    4. Pendidik dalam bidang ESP (English for Specific Purpose)

      • Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris bagi pembelajar dengan bidang keahlian khusus dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan berpusat pada siswa.

      • Mampu mengembangan kurikulum, sillabus, materi ajar dan media Pembelajaran bahasa inggris bagi pembelajar dengan bidang keahlian khusus

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancer