MATAF ONLINE UMG 2020

Gresik – Universitas Muhammadiyah Gresik menyambut mahasiswa barunya dalam kegiatan Masa Ta’aruf (MATAF) tahun 2020. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk orientasi awal bagi mahasiswa baru. Sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan secara langsung (offline), namun karena adanya pandemic COVID-19 yang belum juga mereda, maka kegiatan MATAF pada tahun ini dilakukan secara daring (online) dengan memaksimalkan penggunaaan platform konferensi daring, Zoom Meeting.

Mataf (1).jpeg (190 KB)

Kegiatan MATAF yang mengambil tema ‘Aktualisasi Nilai Religius, Intelektual, dan Humanitas dalam Rangka Mewujudkan Universitas Muhammadiyah Gresik yang Berpribadi’ ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama MATAF dilaksanakan pada Sabtu (26/09) dan gelombang kedua dilaksanakan Minggu (27/09). Para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Gresik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti MATAF gelombang pertama dan kedua ini. Sebanyak 1.509 mahasiswa baru mengikuti kegiatan MATAF kali ini.

Kegiatan MATAF online yang dilakukan dari pukul 06.30 hingga 16.00 WIB ini mengambil konsep yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, kegiatan MATAF hanya berisikan penyampaian materi-materi yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia kampus pada para mahasiswa baru. Materi yang diberikan berupa materi kebangsaan, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), keorganisasian serta kemahasiswaan.
Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada seluruh mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Gresik. Setyo mengungkapkan rasa bangganya pada seluruh mahasiswa baru dan berharap bahwa seluruh mahasiswa baru dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik di Universitas Muhammadiyah Gresik.

Mataf (1).jfif (218 KB)

Kegiatan MATAF merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Gresik yang nantinya juga akan digunakan sebagai salah satu syarat pengajuan tugas akhir perkuliahan (skripsi) bagi seluruh mahasiswa program Diploma dan Strata-1 (S-1). Setelah mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MATAF dengan baik, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat MATAF. Namun, jika ada mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus MATAF, mungkin karena tidak hadir ataupun tidak mengikuti seluruh rangkaian, maka mahasiswa tersebut harus mengulang kembali pada periode berikutnya.

Mahasiswa baru cukup antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan MATAF tahun ini. Kegiatan ini pun termasuk cukup unik dan berbeda. Hal ini dikarenakan disela waktu pergantian penyampaian materi, Panitia MATAF memutar lagu dan mengajak seluruh mahasiswa baru untuk berjoget Tik Tok sehingga mahasiswa tidak bosan setelah mendengar materi yang disampaikan.

Salah satu mahasiswa baru, Nizar Raihan Potutu, yang merupakan mahasiswa baru program studi D3 Fisioterapi, menyatakan rasa senangnya dalam mengikuti kegiatan MATAF 2020 ini.

“Setelah mengikuti MATAF yang saya rasakan sangat senang dan enjoy walaupun sedikit ada kendala dalam signal di daerah saya namun panitia selalu membantu memberikan segala informasi perihal MATAF,” pungkas mahasiswa yang berasal dari Papua ini. (HUMAS UMG)


25 October 2020
UMG Raih Juara 1 Best Paper KRA VII Tahun 2020
25 October 2020
Mahasiswa S2 buat karya dan menjadi Karya Infografik Terpilih KEMENDIKBUD
24 October 2020
LPD UMG Adakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Bagi Kepala Sekolah TK