Dr. Eko Resmi Dilantik Sebagai Rektor UMG

Gresik - Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., diberi amanah untuk menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik masa jabatan 2021-2025. Dr. Eko menggantikan Rektor masa jabatan sebelumnya yakni Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S. Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc., pada acara pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik masa jabatan 2021-2025 yang dilaksanakan Rabu (24/03). Adapun untuk prosesi pelantikan ini, dilaksanakan secara luring dan daring, karena pada saat ini masih merupakan masa pandemi Covid-19. Secara luring, prosesi pelantikan dilaksanakan di Hall Sang Pencerah Universitas Muhammadiyah Gresik, dan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Selain itu acara pelantikan Rektor ini juga disiarkan secara live di kanal YouTube resmi Universitas Muhammadiyah Gresik.

Beberapa tamu undangan tampak hadir dalam acara pelantikan Rektor ini, diantaranya yakni Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Dr. Saad Ibrahim, M.A., Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gresik, Ketua PD. Aisyiyah, Ketua PD. Nasyiatul Aisyiyah, Ketua PD. IMM, pengurus BPH Universitas Muhammadiyah Gresik, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah di Gresik, Bupati Gresik, Polres dan Kodim Gresik, serta beberapa tamu lainnya, baik secara langsung maupun mengikuti secara daring. Prosesi tampak berjalan khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. 

Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E., yang turut hadir dalam prosesi pelantikan Rektor ini menyampaikan selamat kepada Dr. Eko. Dirinya berharap agar dengan terpilihnya pemimpin baru, pimpinan daerah Gresik dapat meneruskan kerjasama yang baik dengan Universitas Muhammadiyah Gresik sehingga dapat terus berkontribusi pada masyarakat. Dr. Saad Ibrahim M.A., Ketua PWM Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan selamat dan selamat mengemban amanah baru kepada Rektor baru Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko, serta rasa terimakasih kepada Prof. Budi yang selama 4 tahun ini telah membawa Universitas Muhammadiyah Gresik untuk meraih martabatnya dari satu posisi ke posisi berikutnya yg lebih tinggi. Dr. Saad mengatakan bahwa berpikir maju merupakan tanda kebaikan, maka siapapun yang memimpin sudah seharusnya memiliki sifat proyektif kedepan yang baik untuk Universitas Muhammadiyah Gresik, tidak boleh berhenti, harus terus menerus. Maka kepada Rektor yang baru, Dr. Saad berharap agar dapat meneruskan perjuangan dan membawa Universitas Muhammadiyah Gresik untuk berkiprah lebih baik dan dapat membawa martabat Universitas Muhammadiyah Gresik ke tingkat global.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., yang hadir dalam prosesi pelantikan Rektor secara virtual. Prof. Haedar menyampaikan selamat kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik masa jabatan 2021-2025. Selain itu, Prof. Haedar juga menyampaikan terimakasih kepada Prof. Budi yang telah melaksanakan amanah selama satu periode. Prof. Haedar berharap agar kedepannya, baik Rektor terpilih maupun Rektor yang telah menyelesaikan masa jabatan dapat terus bekerja bersama dan berkesinambungan untuk membangun Universitas Muhammadiyah Gresik menjadi lebih baik. Menurutnya regulasi organisasi merupakan suatu proses yang akan berjalan terus menerus, sehingga diharapkan pemimpin yang lama ikhlas melepaskan dan pemimpin yang diamanahkan juga ikhlas dalam mengemban tugas baru. Prof. Haedar juga mengingatkan kepada Rektor terpilih untuk terus membangun jaringan yang kuat, baik secara internal maupun eksternal. Hubungan yang baik secara internal akan memperkuat pembangunan dan kemajuan kampus.

“Selamat menunaikan amanah, ciptakan rasa saling bersaudara di seluruh civitas, InsyaAllah berkah dan rahmat Allah akan melimpah pada kita semua,” tutupnya. (Humas UMG)

r1.jpg (128 KB)r4.jpg (110 KB)r8.jpg (153 KB)r2.jpg (109 KB)