PPG UMG Lanjutkan MoU dengan Direktorat Jenderal GTK

Gresik - Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Gresik kembali mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sebagai penyelenggara program PPG Dalam Jabatan Tahun 2021. Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S. T., M. T melaksanakan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Muhammadiyah Gresik dengan Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan GTK dan dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) antara koordinator PPG Dalam jabatan Universitas Muhammadiyah Gresik, Fatimatul Khikmiyah, M. Sc dengan Dido Sujaya Perwendha selaku Pejabat Pembuat Komitmen Kelompok Kerja PPG Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan GTK, Selasa (06/04).

Bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar Bali, kegiatan rapat koordinasi dan penandatangan Mou dan PKS ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai padaSenin, 5 April 2021 sampai dengan Rabu, 7 April 2021.Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Iwan Syahrir, Ph.D selaku Dirjen GTK melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam penjelasannya, Dr. Iwan menuturkan bahwa filosofi pendidikan Indonesia yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karsa dan Tutwuri Handayani, hendaklah dipegang teguh olehpara guru Indonesia. Hal ini dikarenakanfigur guru yang baik adalah selain menjadi suri tauladan atau panutan, juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang – orang disekitarnya merasakan situasi yang baik dan bersahabat.

Pada kegiatan ini juga dijabarkan terkait dengan beberapa perubahan minor desain PPG Dalam Jabatan tahun 2021. Pada tahun 2020 pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dibagi menjadi 7 (tujuh) tahap, sedangkan pada tahun ini disederhanakan menjadi 3 (tiga) tahapan kegiatan pembelajaran yaitu, 1) pendalaman materi dalam bentuk analisis materi ajar berbasis masalah, 2) pengembangan perangkat pembelajaran, dan 3) Praktik pembelajaran. Selain itu, durasi waktu pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2021 juga lebih singkat yaitu 75 hari efektif dengan rincian, 17 hari untuk pembelajaran mandiri dan sisanya pembelajaran dengan bimbingan dosen dan guru pamong.

Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan tahun 2021 ini akan diikuti oleh 38.185 guru yang tersebar pada berbagai bidang studi di 75 LPTK seluruh Indonesia. Program Studi PPG Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Gresik untuk angkatan 1 menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan untuk Bidang Studi Matematika dengan jumlah total 70 peserta yang terbagi ke dalam 2 (dua) kelas. Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko, berharap agar tim pelaksana PPG Universitas Muhammadiyah Gresik dapat meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa agar pelaksanaan PPG tahun 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga nantinya akan dihasilkan guru yang profesional dan berkemajuan. (Humas UMG)

drr 1.jpg (36 KB)dr 3.jpg (113 KB)

dr 4.jpg (94 KB)dr 5.jpg (101 KB)

dr 2.jpg (40 KB)


16 April 2021
UMG Jalin Kerjasama Program SMK 4 Tahun dengan SMK Trenggalek
10 April 2021
Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Tahap 1 Tahun 2021
06 April 2021
PPG UMG Lanjutkan MoU dengan Direktorat Jenderal GTK