UMG Gelar Rapat Koordinasi Forum Silaturahmi Kemahasiswaan PTN-PTS Se Jawa Timur

Gresik – Ketua Forum Silaturahim Bidang Kemahasiswaan (Forkommawa) PTN - PTS Se Jawa Timur, Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si., merasa sangat senang dapat saling bersilaturahmi kembali dengan rekan-rekan dari Bidang Kemahasiswaan se Jawa Timur pada rapat koordinasi yang mengambil tempat di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Jum’at (07/02/2020). Rapat koordinasi ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Forkommawa Jawa Timur untuk membahas dan sharing mengenai permasalahan-permasalahan yang muncul di Bidang Kemahasiswaan tiap Perguruan Tinggi di Jawa Timur.

forkommawa_1.jpg (699 KB)

Forum Kemahasiswaan PTN-PTS Se Jawa Timur, yang dipelopori oleh Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si., dengan anggota dari perwakilan Bidang Kemahasiswaan PNS dan PTS Jawa Timur, ini sebelumnya menggelar rapat koordinasi yang sama yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang.

forkommawa_2.jpg (788 KB)

Pada rapat koordinasi yang dihadiri 53 Wakil Rektor III ataupun Perwakilan Bidang Kemahasiswaan ini juga membahas mengenai SIMKATMAWA yakni Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan yang telah diluncurkan sejak 2017 untuk memudahkan Bidang Kemahasiswaan untuk melaporkan kinerja kemahasiswaan.

forkommawa_4.jpg (588 KB)

Afakhrul Masub Bakhtiar, S.Pd., M.Pd., sebagai Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Gresik menuturkan bahwa forum ini bertujuan untuk menghapus batasan antara Perguruan Tinggi satu dengan yang lain.

“Kita ingin menyamakan persepsi pembinaan kemahasiswaan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta se Jawa Timur itu tidak ada pembatas.Kita ingin berkolaborasi di Bidang 3 Jawa Timur agar naik terus di ajang skala nasional” ujarnya.

Fourry Handoko, S.T., S.S., M.T., Ph.D., Wakil Rektor III Institut Teknologi Negeri Malang menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi angin segar dan menjadi ajang pembelajaran bagi Bidang Kemahasiswaan PTN maupun PTS di Jawa Timur.

“Tujuan kami untuk ikut serta adalah bisa berbagi keilmuan dari perguruan tinggi besar yang tentu mampu menjadi contoh untuk perguruan tinggi yang lebih kecil” sahutnya.

Hal serupa disampaikan Hasan Basri, S.Ag., M.Pd.I., selaku Wakil Rektor III UMG. Hasan mengharapkan kegiatan ini akan tetap berkelanjutan karena banyak nilai positif yang dapat diperoleh dalam forum ini.

“Saya harapkan forum kemahasiswaan tingkat 3 ini tetap ada karena disini leluasa untuk sharing pengalaman dari Perguruan Tinggi yang lebih maju kepada Perguruan Tinggi yang belum maju,” tandasnya.


19 February 2020
Calon Wisudawan ikuti Yudisium, ini pesan dari Dekan Psikologi
19 February 2020
Yudisium dengan konsep yang berbeda dari calon wisudawan Fakultas Teknik
19 February 2020
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMG, Menggelar acara Yudisium ke XXXVI