Pendidikan Bahasa Inggris UM Gresik

VISI

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan sebagai The Best Learning Department yang mandiri dalam menyiapkan SDM yang kompeten, berwawasan global, berkarakter dan berperilaku ilmiah

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas dengan landasan kurikulum yang berkarakter

  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan program

  3. Proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang unggul, berkelanjutan dan sesuai dengan perkembangandan tuntutan zaman.

  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan tata kelola prodi yang mandiri dan akuntabel.

TUJUAN

  1. Menghasilkan SDM prodi pendidikan bahasa Inggris unggul, kompetitif, komunikatif, professional dan berkarakter serta memiliki kemampuan dan ketrampilan ilmiah serta mampu mengembangkan iptek bagi dunia pendidikan global.

  2. Menjadikan prodi pendidikan bahasa Inggris sebagai lembaga ilmiah dan rujukan ilmiah dalam bidang pendidikan

  3. Menjadi Prodi yang mandiri dalam pengelolaan sumber daya secara efektif , efesien serta berkelanjutan  dengan mengedepankan good governance department.

  

SASARAN

  1. Terwujudanya kompetensi mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian, IT dan pengabdian masyarakat dalam bidang Pendidikan bahasa Inggris yang mempunyai daya saing tinggi.

  2. Terwujudnya proses pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas.

  3. Tercapainya peningkatan reputasi akreditasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

  4. Tersedianya hasil-hasil penelitian yang inovatif untuk kemajuan perkembangan ilmu Pendidikan.

  5. Tercapainya kemadirian prodi di bidang sumber daya dan sarana pembelajaran yang akuntabel.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Profil lulusan program studi S1 Pendididikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik terbagi menjadi dua bagian yaitu profil utama dan profil pilihan.

  1. Profil Utama

    Tenaga Pendidik Bahasa Inggris Profesional yang mampu:

    • mendidik bidang bahasa Inggris di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

    • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar.

    • melakukan kegiatan ilmiah dalam bidang pendidikan/keilmuan Bahasa Inggris dan menemukan inovasi-inovasi pendidikan Bahasa Inggris dan terapannya di bidang IT.

    • mengintregasikan media ajar dengan media IT

    • memiliki nilai TOEFL > 500.

  2. Profil Penciri

    1. Penerjemah

      • Menerjemahkan teks tulis / lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya secara akurat, berterima, dan keterbacaan yang tinggi.

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar

    2. Pengelola Program Pelatihan Bahasa Inggris.

      • Mendesain program pelatihan bahasa Inggris

      • Memasarkan program pelatihan bahasa Inggris

      • Mengelola program pelatihan bahasa Inggris

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar

    3. Pendidik dalam bidang EYL ( English for Young Leaners)

      • Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris bagi young leaners dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan berpusat pada siswa.

      • Mampu mengembangan kurikulum, sillabus, materi ajar dan media Pembelajaran bahasa inggris bagi young leaners.

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancer

    4. Pendidik dalam bidang ESP (English for Specific Purpose)

      • Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris bagi pembelajar dengan bidang keahlian khusus dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan berpusat pada siswa.

      • Mampu mengembangan kurikulum, sillabus, materi ajar dan media Pembelajaran bahasa inggris bagi pembelajar dengan bidang keahlian khusus

      • Menggunakan bahasa Inggris untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancer