Teknik Perkapalan UM Gresik

VISI

Menjadikan Program Studi Teknik Perkapalan mencetak sarjana perkapalan yang unggul,  mandiri dan dijiwai nilai-nilai entrepreneurship yang islami dalam menunjang industri maritim.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan lulusan perkapalan yang berkualitas.

  2. Menyelenggarakan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan pembangunan industri maritime Indonesia.

  3. Mengembangkan pelayanan kepada masyarakat dengan meningkatkan kerjasama dengan pihak lain (industri, pemerintah dan perguruan tinggi lain).

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Perkapalan yang unggul, mandiri dan relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat yang dijiwai nilai-nilai entrepreneurship yang islami.

  2. Menghasilkan penelitian yang berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung dan memenuhi kebutuhan pembangunan maritim Indonesia.

  3. Melakukan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat dalam peningkatan pembangunan industri maritim di Indonesia.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

  1. Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal dan alat apung lainnya pada industri maritim.

  2. Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.

  3. Konsultan pada bidang teknik perkapalan.

  4. Tenaga ahli perkapalan dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

  5. Tenaga ahli pada laboratorium teknik perkapalan

  6. Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.

  7. Technopreneur (wiraswasta) dengan mendirikan jasa konsultan atau kontraktor yang berkaitan dengan pembuatan (rancang bangun) atau pengembangan atau pemeliharan atau pengangkutan atau pelatihan berbagai bidang yang terkait dengan perkapalan, pelabuhan, dan kelautan.