Psikologi UM Gresik

VISI

Menjadi  Program Studi Psikologi yang mandiri dan unggul dalam pengembangan keilmuan dan terapan psikologi berdasarkan nilai-nilai keislaman untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi berbasis realistic education

  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk pengembangan keilmuan psikologi

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian berbasis kebutuhan masyarakat

  4. Menginternalisasikan nilai-nilai keislaman kepada civitas akademika di prodi psikologi

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana psikologi yang kompeten, berjiwa wirausaha dan memiliki integritas moral sehingga mampu berkompetisi secara profesional.

  2. Mampu merespon secara efektif kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dan berkelanjutan.

  3. Terbinanya pola pikir dan perilaku civitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

 

SASARAN

  1. Terselenggaranya kurikulum psikologi berbasis KKNI dengan pendekatan SCL (Student Centre Learning)

  2. Terselenggaranya pendidikan Psikologi yang mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan

  3. Terselenggaranya pembinaan soft skill dan prestasi mahasiswa melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan, mendorong partisipasi dalam kejuaraan akademik maupun non akademik

  4. Terselenggaranya kegiatan-kegiatan ilmiah untuk meningkatkan atmosfer akademik

  5. Terselenggaranya berbagai kegiatan penelitian yang menghasilkan dan mengembangkan ipteks dalam bidang Psikologi yang berwawasan global.

  6. Terselenggaranya berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memanfaatkan iptek dan hasil penelitian dalam bidang Psikologi.

  7. Terselenggaranya bentuk kerjasama dalam bidang Psikologi dengan lembaga-lembaga terkait untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

  8. Terselenggaranya pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi dosen dan karyawan secara berkesinambungan

  9. Terselenggaranya pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Lulusan Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana yang bergelar Sarjana Psikologi (S.Psi.) UMG dapat bekerja sebagai Asisten psikolog di rumah sakit, sekolah dan universitas, lembaga pemasyarakatan, puskesmas, lembaga pemerintah, TNI dan Polri,  atau di biro/lembaga psikologi; Staf atau Manajer di bidang sumber daya manusia di organisasi; Staf konsultan pengembangan sumber daya manusia di organisasi; Pendidik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini; Staf konsultan bidang pendidikan; Perancang dan fasilitator pengembangan komunitas ; Asisten Peneliti; Pelaku Usaha Mandiri; Pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan perilaku manusia terkait dengan perkembangan manusia, pendidikan, kesehatan mental, perilaku sosial dan sebagainya.