PEDULI LINGKUNGAN HIJAUKAN ALAM, HIMAGROTEK UMG, BAKTI TANI DI TENGAH PANDEMI

Gresik, Himpunan Mahasiswa Agroteknologi menyelenggarakan kegiatan Bakti Tani dengan mengangkat tema yang bertajuk “Peduli Lingkungan Hijaukan Alam” yang dilaksanakan selama 2 hari di Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik (05/03). Kegiatan ini dibuka dengan mengajak anak anak TK Desa Babatan untuk menanam tanaman hias dan lomba mewarnai pada 5 Maret 2022. Bu Yayuk selaku Kepala Sekolah TK Desa Babatan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Adanya lomba mewarnai sangat bermanfaat sekali bagi anak anak usia dini karena dapat melatih dan melenturkan jari jari anak anak dalam mewarnai, adapun kegiatan menanam tanaman hias di halaman sekolah merupakan kegiatan yang sangat bagus karena dapat memberikan edukasi kepada anak anak TK agar peduli lingkungan dan hijaukan alam” ujarnya.

Agrotek 2 (TK desa babatan).JPG (35 KB)

Simbolisasi penanamahn bibit kelengkeng dan sosialisasi mengenai budidaya pisang cavendish dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2022 di Desa Babatan. Sekretaris desa Babatan Tisno, menuturkan para petani disini masih membutuhkan wawasan dan penyuluhan .

“Saya pribadi sangat senang sekali dengan kehadiran Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan mahasiswa Agroteknologi UMG. Kegiatan ini sangat membantu di sektor pertanian di Desa Babatan, tidak hanya melakukan penanaman bibit tanaman kelengkeng saja melainkan adik adik bisa merawatnya dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal” tutur beliau.

Agrotek tanam di waduk desa babatan.JPG (40 KB)

Pesan beliau kepada HIMAGROTEK UMG untuk selalu membantu sektor pertanian di Desa babatan sehingga menjadi desa yang lebih maju terutama di sektor pertanian.

Kepala Dusun Babatan Toni Istiawan sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa, beliau berharap agara ke depannya UMG bisa membantu dalam hal edukasi masyarakat terutami petani untuk dpat mengetahui cara budidaya pisang cavendish.

Saya sangat mengapresiasi adik-adik Himagrotek UMG, semoga warga desa Babatan dapat menegtahui cara budidaya pisang cavendish dengan baik agar mendapatkan hasil yang bagus dan light trap untuk mengurangi hama yang dapat diterapkan di lahan pertanian desa babatan” harapnya.

Syadat, Ketua pelaksana Bakti Tani menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait teknik cara budidaya pisang cavendish.

agrotek 4.JPG (24 KB)

“Dalam kegiatan Bakti Tani tersebut mempunyai tujuan yang sangat baik dan berguna untuk warga desa babatan, salah satunya untuk membantu mengatasi permasalahan teknik budidaya pisang cavendihs yang telah dijelaskan oleh BPP Kecamatan Balongpanggang” jelasnya

Yoga selaku Ketua Himagrotek UMG, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Bakti Tani ini, baik dari Desa Babatan serta Mitra dan Sponsor yang telah mensupport kegiatan Bakti Tani sehingga dapat terlaksana sukses dan lancar.

“Kegiatan Bakti Tani akan terus dilakukan sebagai mana mestinya. Kami akan terus berupaya memberikan ilmu tentang pertanian bagi masyaraka maupun untuk HIMAGROTEK sendiri. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membawa manfaat dan mengganungkan nama Universitas Muhammadiyah Gresik di kalangan masyarakat di Kecamatan Balongpanggang Gresik” pungkas mahasiswa prodi Agroteknologi tersebut. (HUMAS UMG)


11 August 2022
UMG DIPERCAYA DIREKTORAT SMK KEMENDIKBUD RI, DAMPINGI PROGRAM SMK-PK TAHUN KE DUA (2022)
10 August 2022
SIAP TERBANG KE LUAR NEGERI, UMG GELAR SEMINAR BERSAMA KONJEN AUSTRALIA
10 August 2022
MULAI FGD HINGGA MOU KERJASAMA, UMG MAJU BERSAMA PT GARAM