Gresik, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Gresik (UM Gresik) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu bertajuk “Integrasi Teknologi Artificial Intelligence dalam Frameworks TPACK” (23/05/25). Acara ini menghadirkan narasumber utama, Dr. Andriyani, M.Si., dari Universitas Ahmad Dahlan.
Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Gresik ini diikuti oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan dari berbagai latar belakang. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep integratif antara teknologi, pedagogi, dan bahan pembelajaran dalam kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dengan penekanan khusus pada pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran matematika.
Dalam pemaparannya, Dr. Andriyani menjelaskan bahwa integrasi AI ke dalam model TPACK dapat memberikan solusi inovatif bagi tantangan pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang adaptif dan berbasis data.
“Penerapan Artificial Intelligence dalam pendidikan tidak hanya mendukung efisiensi proses belajar, tetapi juga memungkinkan personalisasi materi sesuai kebutuhan siswa. Dalam konteks TPACK, guru tidak cukup hanya menguasai teknologi. Mereka juga harus mampu menggabungkan teknologi secara sinergis dengan pedagogi dan konten secara harmonis. Di sinilah TPACK menjadi penting. Integrasi AI dalam TPACK akan memberikan peluang pembelajaran yang lebih adaptif, personal, dan interaktif,” ungkap Dr. Andriyani
Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UM Gresik, Dr. Fatimatul Khikmiyah, M.Sc, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen prodi dalam memperkuat literasi digital calon guru serta mendukung terciptanya inovasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman.
“Dengan adanya kuliah tamu ini, kami berharap mahasiswa semakin siap menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, terutama dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan efektif,” ujarnya.
Acara ini menjadi wadah diskusi yang produktif, di mana para peserta aktif bertanya dan berbagi pandangan terkait tantangan dan peluang penerapan AI dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika.
Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata kepada narasumber. Para peserta pun memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan acara yang inspiratif dan membuka wawasan ini.(Humas-UM Gresik).